Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta bersama pengasuh Ponpes Lirboyo kediri (Fendi Plesmana/Ngopibareng.id)
Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta bersama pengasuh Ponpes Lirboyo kediri (Fendi Plesmana/Ngopibareng.id)
Kapolda jatim

Gandeng Ulama, Kapolda Baru Jatim Sowan ke Pesantren di Kediri

Ngopibareng.id Jawa Timur 29 November 2020 13:45 WIB

Jelang pelaksanaan pilkada serentak di Jawa Timur pada 9 Desember 2020 mendatang, Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta melaksanakan giat silaturahmi ke sejumlah pondok pesantren di Kediri.

Dua pesantren yang dikunjungi di antaranya Pondok Pesantren Lirboyo dan Pondok Pesantren Al -Amin Ngasinan Kota Kediri. Selain acara silahturahmi dengan sejumlah pengasuh ponpes giat kunjungan Kapolda kali ini juga disertai pemberian bantuan soaisal berupa 1 ton beras dan 1000 masker.

"Allhamdulilah, hari ini saya melakukan kunjungan, dalam rangka melakukan silahturahmi. Memperkenalkan diri selaku Kapolda Jatim yang baru, kemudian memohon doa supaya dapat melaksanakan tugas dengan baik, " kata Nico, Minggu 29 November 2020 dalam kunjunganya di Ponpes Lirboyo Kediri.

Dengan terjalinnya silahturahmi ini, maka terajut kerja sama antara aparat kepolisian dengan alim ulama. "Dengan kerja sama yang baik, maka semua tugas tugas akan berjalan dengan baik juga. Kemudian selanjutnya kami akan melakukan sinergitas antara pemerintah daerah, TNI - Polri bersama sama ulama khususaya di Kediri dengan bantuan Ponpes Lirboyo, " ujarnya.

Menurutnya, saat ini ada dua permasalahan yang harus dihadapi dan diselesaikan secara bersama sama. Di antaranya penanggulangan penyebaran Covid -19 serta menjaga keamanan dan ketentraman masyarakat pada saat pelaksanaan pilkada nanti.

"Yang paling kedepan adalah menghadapi permasalahan Covid -19, di mana Ponpes Lirboyo, sudah menjadi contoh dalam penerapalan protokol kesehatan. Kemudian menjaga keamanan, ketentraman dalam rangka pilkada nanti, sehingga dapat berjalan dengan baik, " imbuhnya sambil meminta doa kepada pengurus pondok agar kedepan dirinya dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Setelah menggelar pertemuan dengan pengurus ponpes Lirboyo Kediri, kegiatan dilanjut pemberian bantuan sosial secara simbolis di halaman depan posko Pondok Tangguh Lirboyo Kediri.

Dalam Kunjunganya, Kapolda Jatim, didampingi kapolres jajaran ditemui sejumlah pengurus pondok. Di antaranya pengasuh KH. Anwar Mansur serta Kiai Haji Kafabihi Machrus.

Selesai berkunjung ke Ponpes Lirboyo, kapolda kemudian bergeser sowan ke Ponpes Al Amin lingkungan Ngasinan Kota Kediri. Saat datang ke Ponpes Al Amin, kapolda ditemui pengasuh Pondok Pesantren KH Anwar Iskandar.

"Kami atas nama seluruh keluarga besar Ponpes Al Amin, ingin menyampaikan betapa pentingnya hari-hari ini untuk melakukan sinergitas dan kerja bersama antara kekuatan Polri -TNI dan Ulama. Terutama sekali yang mendesak sekarang ini bagaimana menyelamatkan Indonesia dari Covid -19, " Kata KH Anwar Iskandar dalam sambutanya.

Kapolda silahturahmi ke Ponpes Al Amin ditemui pengasuh Ponpes Fendi Plesmanangopobarengid Kapolda silahturahmi ke Ponpes Al Amin ditemui pengasuh Ponpes (Fendi Plesmana/ngopobareng.id)

Penulis : Fendhy Plesmana

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

18 Jan 2021 01:04 WIB

Kiai Hasan Mimbar, Penerus Perjuangan Diponegoro Berdakwah

Khazanah

Dirikan pesantren, benteng perjungan dakwah di Tulungagung

17 Jan 2021 23:32 WIB

Sepi Agenda Politik, Ketua PDIP Jatim Ajak Sering Silaturahmi

Politik

Agar tetap solid jelang 2024

17 Jan 2021 22:13 WIB

Sinopsis Don't Breathe: Trio Penjahat Mengungkap Rahasia Gelap

Film

Bioskop Trans TV akan menayangkan film Don't Breathe.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...