Video: Kapal Tenggelam di Danau Toba

18 Jun 2018 23:15

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Sebuah Kapal Motor (KM) Sinar Bangun tenggelam di Perairan Danau Toba antara Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir dan Tigaras, Kabupaten Simalungun.

Kecelakaan ini terjadi sekitar pukul 17.30 WIB diduga disebabkan cuaca buruk. “Tenggelamnya KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba Prapat akibat cuaca buruk,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, lewat keterangan tertulisnya, Senin (18/6/2018).

Menurut keterangan dari saksi yang selamat yakni Hernando (24), Rahman (22) dan Santika (20) kapal hendak berlayar dari Pelabuhan Simanindo Kabupaten Samosir menuju Tigaras Parapat Kabupaten Simalungun. Selain dipadati penumpang, kapal itu juga mengangkut kendaraan roda dua.

“Saksi menyebut bahwa saat kejadian angin dan ombak sangat kencang. Kondisi kapal, jumlah penumpang dan kendaraan roda dua sangat padat. Diperkirakan oleh saksi-saksi, jumlah penumpang lebih dari seratus orang,” terang Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan.

KM Sinar Bangun tenggelam setelah 30 menit berlayar dari Simanindo menuju Tigaras, Kabupaten Simalungun. Sesaat sebelum kapal tenggelam, kapal nahas itu sempat oleng.