Kantor Desa Mirip Istana Negara

Ngopibareng.id Ngopi BEBAS 16 July 2018 08:33 WIB

Kantor Desa Kemuningsari Kidul, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, Jawa Timur terlihat mirip seperti Istana Kepresidenan.

Menurut penuturan sang kepala desa (Kades), ada cerita di balik pembangunan kantor desa tak ubahnya replika Istana Merdeka.

Kantor Desa yang berada di Dusun Tegal Kalong itu dibangun setelah kantor desa lama masuk wilayah desa lain akibat pemekaran wilayah.

“Kantor desa yang lama ada di sebelah selatan kantor desa baru ini. Jaraknya sekitar 1 km. Setelah terjadi pemekaran wilayah, kantor desa itu masuk desa Kertonegoro,” tutur Kepala Desa Kemuningsari Kidul, Sujarwo.

Maka mau tidak mau kantor Desa Kemuningsari Kidul harus berpindah lokasi. Setelah disepakati, maka dibangunlah kantor desa baru yang mirip Istana Kepresidenan tersebut. “Untuk yang kantor desa lama katanya mau dibangun pasar tradisional,” imbuh Sujarwo.

Kantor Desa Kemuningsari dipake swafoto wargaKantor Desa Kemuningsari dipake swafoto warga.

Menurut Sujarwo, kantor desa baru ini dibangun di lahan milik Desa Kemuningsari Kidul seluas 3 hektar. Saat peletakan batu pertama, masyarakat pun berbondong-bondong membantu.

Karena luas lahannya 3 hektar, sedangkan bangunan yang mirip Istana Merdeka itu hanya seluas 30 meter x 50 meter, maka Sujarwo bermaksud memanfaatkan sisa lahan yang ada untuk obyek wisata. Di antaranya kolam renang, tempat memancing dan taman rekreasi anak.

“Selain pusat pemerintahan, kita ingin kantor desa ini juga bisa dipakai untuk tujuan wisata,” harapnya.

Untuk mewujudkan itu semua, Sujarwo mengaku membutuhkan anggaran sekitar Rp 3,2 miliar. “Sekarang ini sudah Rp 1,8 miliar, jadi kurang Rp 3,2 miliar. Total anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 5 miliar,” katanya.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

17 Aug 2020 16:13 WIB

Petugas Upacara HUT RI di Istana Pakai Masker N95

Nasional

Masker N95 lebih nyaman dipakai.

16 Aug 2020 13:42 WIB

Teks Asli Proklamasi Dibacakan Saat Upacara HUT ke-75 RI

Nasional

Berkat penyelamatan BM Diah, pejuang kemerdekaan

07 Aug 2020 11:55 WIB

Upacara Kemerdekaan, Undangan di Istana Terbatas

Nasional

Upacara bendera di Istana Merdeka diperketat.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...