Wifi kantor. (Foto: Ilustrasi: Dokumentasi)

Kantor Anda Menggunakan Wifi? Maksimalkan dengan Cara Ini

ngopiTECH 26 October 2019 17:54 WIB

Wifi bukanlah barang asing saat ini. Di setiap kantor sudah jamak kita temui keberadaan koneksi wifi. Baik yang diperuntukkan untuk tamu perusahaan atau untuk menunjang kinerja karyawan.

Dengan wifi, karyawan bisa bekerja dengan koneksi internet di manapun berada saat di kantor. Tapi pertanyaannya, apakah sinyal wifi yang ada sudah maksimal di setiap sudut kantor Anda ?

Selain harus memilih internet provider yang berkualitas, berikut ini adalah 6 cara memaksimalkan sinyal wifi di lokasi bisnis Anda.

1. Letakkan Access Point pada posisi strategis
Kebanyakan pengguna meletakkan access point di sudut ruangan, alasannya tentu dekat dengan sumber listrik. Tetapi, hal itu ternyata salah. Karena jangkauan access point akan melemah di sudut ruangan lainnya. Idealnya, access point ini bisa Anda letakkan di tengah ruangan dan jauh dari dinding atau partisi yang dapat menghalangi pemancaran sinyal.

2. Hindari interferensi pada perangkat wireless
Perangkat elektronik lain dengan frekuensi yang sama dapat mengganggu kinerja access point, seperti sinyal tethering mobile phone, microwave dan perangkat wireless lainnya. Hal ini dapat mengganggu laptop dan gadget Anda dalam menerima sinyal wifi yang dipancarkan access point.

3. Menambah wireless repeater
Jika area kantor Anda luas, bisa gunakan wireless repeater atau wifi range extender untuk memperluas jangkauan sinyal wifi.

4. Menjadwalkan Auto-Reboot pada router atau access point
Tidak jauh beda dengan smartphone dan PC. Router access point akan sering mengalami masalah saat dipakai dalam waktu yang lama. Agar sinyal wifi yang dipancarkan access point selalu stabil, ada baiknya jika Anda melakukan penjadwalan reboot.

5. Kontrol aplikasi yang menghabiskan bandwidth
Monitoring wifi untuk menganalisa penggunaan internet. Jika banyak pengguna wifi sering melakukan video call, video streaming, online games atau download file dalam jumlah besar dan frekuensi sering, maka sudah waktunya Anda mengatur penggunaan wifi untuk setiap usernya agak tidak menggangu user yang lain. Seperti melakukan limitasi penggunaan bandwidth atau limitasi berdasarkan waktu di setiap pengguna. Sehingga bandwidth wifi dapat dibagi secara merata untuk setiap penggunanya

6. Gunakan Channel yang kosong
Pernah mengalami saat Anda mengaktifkan wifi di HP Anda, muncul banyak SSID Wifi ? Hal seperti ini baik bagi pengguna karena banyak pilihan SSID untuk terkoneksi dengan wifi. Tapi sebaliknya bagi pemilik router access point. Karena semakin banyak perangkat router wifi, akan besar kemungkinan terjadi interferensi sehingga mengganggu sinyal wifi Anda. Maka dari itu pilihlah channel WiFi yang kosong atau yang sedikit penggunanya agar tidak terjadi gangguan sinyal.

Itulah rekomendasi cara mengoptimalkan sinyal WiFi yang ada di kantor Anda.

Dan bagi yang membutuhkan internet dan wifi untuk bisnis Anda ? Yuk chat di dnetprovider.id

Selamat mencoba!

Penulis : D~NET

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.