Kantor Anak Buahnya Digeledah KPK, Ini Kata Susi

18 May 2019 09:05 Nasional

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menanggapi soal penggeledahan yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di kantor Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), pada Kamis lalu, 16 Mei 2019.

KKP, kata Susi, mendukung penuh upaya dan tindakan KPK dalam rangka pelaksanaan penegakan hukum. "Penggeledahan memang tindakan yang perlu dilakukan dalam penegakan hukum oleh KPK. Penggeledahan adalah hak dari KPK sesuai dengan UU KPK. Kami memahami itu sebagai suatu hal yang wajar serta legal untuk mendapatkan barang bukti dari dugaan tindak pidana korupsi. KKP mempersilakan dan kita selalu akan kooperatif bekerja sama dengan KPK untuk memperlancar tugas-tugas KPK," tutur Susi.

Sementara itu, Plt Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP, Agus Suherman mengatakan penggeledahan terkait pengadaan kapal pada periode 2012-2014. KKP mengaku akan mendukung proses hukum yang dilakukan oleh lembaga antirasuah.
"(KKP) mendukung langkah KPK," kata Agus pada hari ini.

Ia menjelaskan, proses penggeledahan berlangsung di ruang Direktorat Pemantauan Operasi Armada. Agus mengatakan penggeledahan terkait sistem kapal inspeksi pemerintah Indonesia (SKIPI).

"(Kami) menunggu proses lanjut KPK (terkait proses hukum). Penggeledahan tadi terkait Skipi," katanya. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini