Kanker Usus Penyebab Kematian Istri Ustadz Maulana

21 Jan 2019 05:41 Nasional

Nuraliyah Ibnu Hajar, istri Ustadz Maulana, meninggal dunia saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara, Makassar, pada Sabtu 20 Januari 2019, pukul 17.00 WITA.
Nuraliyah didiagnosa mengidap penyakit kanker usus.

Menurut Ustadz Maulana, penyakit itu sudah berlangsung sejak tujuh tahun silam. Namun keluarga baru mengetahui pada September 2018 lalu.

"Penyebab berpulangnya ke Rahmatullah adalah penyakit kanker usus yang ditemukan di bulan September (2018), tapi sebenarnya penyakit itu sudah ada tujuh tahun lalu. Baru ketahuan belakangan ini," ungkap Ustadz Maulana.

Pendakwah yang terkenal dengan jargonnya 'jamaah oh jamaah' ini, sang istri menolak dilakukan operasi.

"Beliau tidak mau sekali ke rumah sakit. Jadi waktu ketahunnya bulan September (2018) itu, keluar masuk rumah sakit, pindah-pindah. Beliau tidak mau dipasang selang, padahal usus yang kena itu yang paling bawah dekat anus jadi tidak mungkin untuk pembuangan (BAB) disana, dan beliau tidak mau," tutur Ustadz Maulana.

Ia pun mengikuti kemauan istrinya yang menolak operasi. Sang ustadz mencari pengobatan alternatif, hingga akhirnya ia menemukan pengobatan kanker usus di sebuah rumah sakit di Malaysia lewat laser.

Andai ajal tak menjemput, hari ini Ustadz Maulana dan sang istri akan bertolak ke Malaysia. Namun, takdir berkata lain. Kondisi Nuraliyah drop sejak Sabtu pagi hingga akhirnya menghembuskan nafas terakhir.

"Saya mengikuti apa pun maunya beliau. Jadi saya keluarkan dari rumah sakit, dan berobat alternatif. Sampai akhirnya saya dapat informasi ada pengobatan alternatif di Malaysia katanya tidak mesti operasi, hanya laser, saya setuju sekali. Hari Senin harusnya kita ke Malaysia justru beliau berpulang ke Rahmatullah," ujar Ustadz Maulana. (yas)

Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini