Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

Kanker Menyebar ke Tulang, Kepala BNPB Berobat ke Guangzhou

Tokoh 15 June 2019 16:34 WIB

Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengunggah kabar terbarunya terkait penyakit kanker paru-paru yang dideritanya.

Dalam postingan di Instagramnya, @sutopopurwo, dia mengatakah bahwa akan pergi ke Guangzhou, China untuk berobat. Selama satu bulan, Sutopo ada berada di Negeri Tirai Bambu itu. Pasalnya, kanker yang bersarang ditubuhnya sudah menyebar ke tulang.

"Hari ini saya ke Guangzho untuk berobat dari kanker paru yang telah menyebar di banyak tulang dan organ tubuh lain. Kondisinya sangat menyakitkan sekali. Saya di Guangzho selama 1 bulan. Maaf jika tidak bisa menyampaikan info bencana dengan cepat. Mohon maaf ya," kata pria yang dianugrahi Asian Of The Year 2018 itu.

Sutopo mengunggah video yang menunjukkan dirinya sedang berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Sabtu 15 Juni 2019.

Sutopo juga mengunggah kondisinya terkait penyebaran penyakit kanker paru-paru yang dideritanya. “Sakit kanker yang sudah metastase ke tulang itu sakitnya luar biasa. Nyeri terus menerus dan di banyak sendi. Diberi morfin tidak mempan menahan sakit,” tulisnya.

Dia  juga meminta doa restu dari para netizen dan para sahabat. "Saya mohon doa restu kepada kepada semua netizen dan lainnya. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Sekaligus saya dimaafkan atas kesalahan dan dosa," sambungnya.

Sutopo adalah sosok pejuang tangguh melawan penyakit kanker paru-paru. Dia didiagnosis di sekitar awal Desember 2017. Meskipun mengidap kanker paru-paru, dia masih sempat bertugas mengawal kejadian bencana di Indonesia. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

13 Jul 2020 12:18 WIB

MUI-BNPB Sepakat Edukasi Mitigasi Bencana Lewat Dakwah

Nasional

MUI akan fokus pada mitigasi bencana melalui edukasi dan sosialiasi ke umat

30 Jun 2020 00:26 WIB

13 Provinsi Nihil Kasus Baru Corona

Nasional

Ada sebanyak 13 provinsi yang nihil kasus baru corona (Covid-19).

29 Jun 2020 16:44 WIB

Update Corona Indonesia: Kasus Positif Corona Total 55.092

Nasional

Kasus positif corona total 55.092 orang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...