Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifuddin, Danlanal Letkol Infanteri Yuli Eko Purwanto dan Komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Joko Setiyono, meninjau hasil laut dan produk olahan mangrove di kampung tangguh nelayan Pantai Cemara. (Foto: Muh Hujaini/Ngopibareng.id)

Kampung Nelayan Pantai Cemara Resmi Jadi Kampung Tangguh Nelayan

Jawa Timur 08 July 2020 16:10 WIB

Perkampungan nelayan di sekitar Pantai Cemara, Kelurahan Pakis, Banyuwangi, resmi menjadi kampung tangguh nelayan. Sebab kampung nelayan ini telah menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Selain itu, dari sisi ekonomi, perkampungan nelayan ini mampu memberdayakan ekonomi kerakyatan.

"Kita meresmikan kampung nelayan di Pantai Cemara. Dimana ada 11 kelompok tangguh yang sudah melakukan kegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19," jelas Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifuddin, usai meresmikan Kampung Tangguh Nelayan Pantai Cemara.

Peresmian dilakukan Kapolresta Banyuwangi bersama Dandim 0825 Banyuwangi Letkol Infanteri Yuli Eko Purwanto dan komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Joko Setiyono. Kampung Tangguh Semeru merupakan program yang dicanangkan Kapolda dan Pangdam V Brawijaya bersama Gubernur Jawa Timur.

Dia berharap, di kemudian hari akan muncul kampung nelayan tangguh lainnya untuk menyambut era new normal life. Sehingga nantinya semua kegiatan nelayan menerapkan protokol pencegahan Covid-19.

Selain penerapan protokol kesehatan, kampung tangguh nelayan ini juga tangguh dalam bidang ekonomi. Kampung tangguh nelayan Pantai Cemara tidak hanya menghasilkan ikan segar hasil tangkapan nelayan, tetapi ada ikan kering, pengolahan mangrove yang diolah menjadi kripik, sirup dan lain sebagainya.

"Ini merupakan satu hal yang sangat baik dalam mengahadapi Covid-19. Salah satunya adalah membangun ekonomi kerakyatan yang baik," tegasnya.

TNI-Polri, khususnya Gugus Tugas juga mencanangkan sinergi ketangguhan dari beberapa kelompok masyarakat ini menjadi benar-benar patuh pada protokol Kesehatan.

"Ini bisa menjadi bekal untuk memunculkan ekonomi kerakyatan agar tersistem dengan baik sehingga menjadi pilar ekonomi dalam kehidupan masyarakat," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Komandan Kodim 0825 Banyuwangi, Letkol Infanteri Yuli Eko Purwanto mengatakan, kampung tangguh nelayan ini merupakan perintis kampung nelayan tangguh. Karena Pantai Cemara merupakan salah satu destinasi wisata. Maka diharapkan bisa menjadikan contoh dan diikuti destinasi wisata dan kampung nelayan yang lain.

"TNI-Polri akan terus melakukan asistensi untuk membentuk kedisiplinan masyarakat. Akan dikawal Babinsa, Bhabinkamtibas, lurah. Kita hadir di sini dalam rangka mengawal itu. Agar program ini bisa betul-betul dilaksanakan," tegasnya.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

20 Sep 2020 23:45 WIB

Vinales Lepas dari Kutukan Pole Position

MotoGP

Vinales meraih pole position dan finis pertama.

20 Sep 2020 23:30 WIB

Bupati Aceh Barat Positif Covid-19, Istri dan Anaknya Negatif

Nasional

Hasil tes swab Bupati Aceh Barat positif Covid-19.

20 Sep 2020 23:15 WIB

Aubameyang Pemain Bergaji Termahal di Liga Inggris

Liga Inggris

Gaji Aubameyang termahal dibanding pemain di Liga Inggris lainnya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...