Kampanye akbar Calon Gubernur Jawa Timur nomor 2 Saifullah Yusuf (Gus Ipul) - Puti Guntur Soekarno, di Lapangan Gulun, Kota Madiun, Kamis, 21 Juni 2018 sore.

Kampanye di Madiun, Basarah: Mantapkan Gus Ipul-Puti Pilihan Rakyat

21 Jun 2018 15:12

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

PDI Perjuangan (PDIP) ingin memantapkan posisi Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno sebagai pilihan rakyat.

Itu yang menjadi isu sentral kampanye akbar kandidat nomor 2 Pilkada Jawa Timur tersebut, di Lapangan Gulun, Kota Madiun, Kamis, 21 Juni 2018 sore.

“Setelah kemarin Haul Bung Karno di Blitar, hari di kampanye akbar, kami ingin memantapkan positioning Gus Ipul-Mbak Puti sebagai pilihan rakyat Jawa Timur” kata Ahmad Basarah, Wakil Sekjen DPP PDIP, di Madiun.

Dalam Haul Bung Karno ke-48 kemarin di Kota Blitar, Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno menjadi “bintang” yang ditetapkan sebagai penerus tradisi dan ajaran leluhur NU dan Soekarnois.

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri bahkan telah meminta doa restu pada ayahandanya, untuk memajukan Puti Guntur Soekarno, cucu Bung Karno. “Kali ini Bapak, saya terjunkan salah satu cucu Bapak, yaitu Puti Guntur Soekarno untuk.menjadi Cawagub Jawa Timur,” kata Megawati, saat memberi sambutan di Haul Bung Karno kemarin.

Sementara, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj menegaskan betapa hubungan Bung Karno dan para ulama NU, terutama Rais Akbar PBNU KH Hasyim Asy’ari dan KH Abdul Wahab Hasbullah, sangat dekat dan sinergis.

“Sekarang terjadi persahabatan yang luar biasa dan harus berhasil, antara Gus Saifullah Yusuf, cicit Mbak KH Bisri Syansuri, salah seorang pendiri NU, dengan Mbak Puti Guntur Soekarno, cucu Bung Karno,” kata Kiai Said Aqil Siradj.

Menurut Basarah, penegasan Megawati dan Kiai Said Aqil Siradj telah meletakkan dasar pemahaman, bahwa Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno adalah simbol generasi penerus ulama NU dan Bung Karno.

“Jawa Timur adalah provinsi dengan rakyat terbesar, yang berlatarbelakang NU dan nasionalis-Soekarnois. Maka, di kampanye akbar ini, kami akan semakin memantapkan Gus Ipul-Mbak Puti sebagai pilihan rakyat Jawa Timur,” kata Wakil Ketua MPR RI itu.

Kampanye akbar hari ini berlangsung di kawasan Mataraman, tepatnya di Lapangan Gulun, Kota Madiun. Puluhan ribu orang akan hadir, dari berbagai daerah, di kawasan Mataraman.

“Ibu Megawati dan Cak Imin (Ketua Umum DPP PKB), akan hadir dan memberikan pidato politiknya. Begitu juga Gus Ipul dan Mbak Puti,” kata Basarah. (wah/frd)