Erfan Hazransyah alias Japrak. Selamat tinggal kawan. (Foto:Istiimewa)

Kami Kehilangan Japrak

In Memoriam 21 May 2020 22:24 WIB

Selamat tinggal Japrak. Dia adalah fotografer Ngopibareng.id. Nama lengkapnya Erfan Hazransyah, meninggal malam ini pukul 19.50 di RSAL Dokter Ramelan, Surabaya, dalam usia 40 tahun.

"Mas Japrak meninggal bukan karena COVID-19. Dia sudah dites dan dinyatakan negatif covid, bahkan sudah diisolasi selama seminggu. Tapi dia masuk rumah sakit karena diabet dan paru-paru. Dia memang sebelumnya sakit akibat diabet dan paru-pari itu," lata irma, istrinya.

Japrak meninggalkan 3 anak, punya jam terbang tinggi sebagai fotografer. Bergabung dengan Ngopibareng awal tahun lalu, pertama kali menjaga PasarLukisanIndonesia.Com, sambil bertugas mendampingi reporter untuk melengkapi foto-foto berita. Dalam enam bulan terkahir dia aktif membuat foto-fote lepas sebagai sebuah cerita foto.

Japrak orangnya lepas. Ceplas ceplos kalau bicara, khas Surabaya. Pergaulannya luas, dan terakhir dia memiliki jaringan baru yaitu para pelukis. "Seneng-seneng senep kalau berhubungan dengan seniman. Senengnya dua kali, tapi senepnya sekali," katanya suatu hari.

Sebelum gabung Ngopibareng, Japrak meniti karier di Harian Surya. Cukup lama dia bekerja di Harian Surya, memberinya pengalaman dan jaringan yang luas.

Dodo Hawe, redaktur foto Harian Surya memiliki kesan tersendiri terhadap Japrak. "Japrak itu bukan cuma fotografer, tapi menurut saya lebih tepat disebut seniman foto. Japrak memiliki karakter yang unik, nyentrik dan sak karepe dewe. Dia lebih senang dalam liputan foto yang sifatnya investigatif dan sport. Dia paling tidak cocok jika motret dunia fotografi model yang harus dengan mengarahkan model, atau foto-foto resmi misalnya pelantikan pejabat," kata Dodo Hawe.

"Japrak juga seorang yang tangguh dalam segala medan liputan. Dia bekerja dengan totalitas tinggi, sehingga hasil karya-karyanya terlihat memiliki karakter yang cukup kuat. Saya bisa menebak kalau ini adalah hasil karyanya Japrak, meski sebelum membaca inisial yang ada pemotret yang ada di dalam keterangan foto," kata Dodo Hawe. Karena memang foto hasil karya Japrak memiliki kekhasan tersendiri, tambahnya.

Yang unik lagi, lanjutnya, Japrak seorang itu orang yang jujur dan tidak pernah marah. Selama bergaul dengan Japrak, saya belum pernah melihat Japrak marah. Yang sering saya lihat justru dia banyak ketawa, kata Dodo.

"Dia lebih cenderung mengalah dan menjauhi temannya jika berselisih dan merasa tidak cocok. Hebatnya dia tidak pernah menunjukan sifat tidak suka. Japrak adalah sosok yang kompromi dengan gaya Suroboyoan. Semuanya terus terang, apa adanya dan tidak ada yang ditutup-tutupi," tambah Dodo Hawe.

Japrak atau Erfan Hazransyah adalah fotografer handal, dan karya-karyanya sangat mewarnai Ngopibareng. Rubrik Ngopifoto adalah hasil gagasan dan kerjanya. Kami sangat kehilangan, ketika pada hari Kamis yaitu hari ke 28 bulan Ramadhan tahun ini, Tuhan memanggilnya. Selamat jalan kawan, kau akan husnul khotimah(nis)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Jun 2020 02:00 WIB

Sinopsis Touch Your Heart: Jung Rok dan Yoon Seo Pacaran Lagi

ngopiK-pop

Jung Rok dan Yoon Seo kembali menjalin asmara secara diam-diam.

05 Jun 2020 01:36 WIB

Rasisme, Memang Jadi Dosa Asal Amerika (2)

Khazanah

Refleksi Imam Shamsi Ali, Direktur Jamaica Muslim Center

05 Jun 2020 01:00 WIB

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI, Persiapan UTBK SMA

Pendidikan

Siswa SMA diberi materi persiapan UTBK.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...