GAG, pelaku spesialis jambret yang diamankan petugas kepolisian (foto:Muh Hujaini/Ngopibareng.id)

Kambuh, Residivis Kasus Jambret Banyuwangi Ditembak Polisi

Kriminalitas 09 July 2020 14:40 WIB

Polresta Banyuwangi membekuk seorang pelaku spesialis jambret. Dia adalah GAG, 39 tahun warga Perumahan Puri Kertosari, Banyuwangi. Pria ini merupakan residivis kasus yang sama. Pelaku dilumpuhkan petugas dengan tembakan di bagian kaki kanan.

Kapolresta Banyuwangi Kombespol Arman Asmara Syarifuddin menyatakan, pelaku ini mencari korbannya di sekitar anjungan tunai mandiri (ATM). Saat dia melihat ada perempuan yang mengambil uang di ATM, pelaku akan membuntuti yang bersangkutan. "Membuntuti, menyalip, dan memepet kemudian mengambil dompet korban yang  disimpan di bagasi motor," tegasnya, Kamis, 9 Juli 2020.

Setidaknya ada enam laporan yang diterima polisi terkait aksi kejahatan dengan modus seperti yang dilakukan tersangka. Petugas kepolisian kemudian melakukan penyelidikan dan akhirnya berhasil mengamankan pelaku.

Proses penangkapan tidak berjalan dengan mudah. Pelaku sempat melakukan perlawanan untuk bisa kabur dari tangkapan petugas. Petugas pun terpaksa melumpuhkan pelaku dengan timah panas. "Dari hasil pemeriksaan yang kami lakukan, pelaku ternyata sudah dua kali masuk penjara dalam kasus yang sama," tegasnya.

Dalam kasus ini, polisi berhasil menyita barang bukti berupa dua unit HP masing-masing Oppo A1K, Opplpo A22 dan  Honda Scoopy P 6254 UT warna putih yang digunakan pelaku sebagai sarana melakukan kejahatan.

"Pelaku dijerat dengan pasal 365 KUHP tentang pencurian disertai kekerasan dengan ancaman 12 tahun penjara. Kami akan kembangkan terhadap 480 KUHP penadah-penadahnya," pungkasnya.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 12:20 WIB

Video Latihan Anggota Paskibra yang hanya Berjumlah 8 Orang

Nasional

Paskibraka tak menyangka bisa dua kali bertugas gara-gara corona.

09 Aug 2020 12:12 WIB

Covid Sudah Membunuh Lebih 100.000 Warga Brazil

Internasional

Akibat Presiden Jair Bolsonaro meremehkan pandemi ini.

09 Aug 2020 12:03 WIB

Manajer Juventus Dipecat, Ronaldo Gak akan Pindah ke Klub Lain

Liga Italy

Meskipun Juve tersingkir dari Liga Champions

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...