Kalung Istri Mendikbud Terinspirasi Kisah Cinta Minke

31 Oct 2019 00:30 Human Interest

Penampilan Franka Franklin, istri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, kembali jadi sorotan. Sebelumnya, Franka Franklin mengenakan anting-anting bertuliskan 'Tanah Air' koleksi Tulola Jewelry, produsen perhiasan miliknya sendiri bersama artis Happy Salma dan Dewa Sri Luce.

Saat itu, Franka Franklin mendampingi pelantikan suaminya sebagai menteri Kabinet Indonesia Maju, pada 23 Oktober lalu.

Terbaru, Franka Franklin terlihat menggunakan sebuah kalung dari sterling silver 92,5 persen dengan ukuran yang cukup besar, saat pembukaan gerai Tulola Jewelry di salah satu mal ternama di Jakarta, Rabu 30 Oktober.

Kalung pernyataan (statement jewelry) itu terdiri dari sebuah tulisan yang berasal dari novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Kalimat itu diucapkan Jean Marais kepada Minke.

Kalung itu bertuliskan, "Cinta itu indah Minke juga kebinasaan yang mungkin membuntutinya. Orang harus berani menghadapi akibatnya".

Kalung Franka Franklin terinspirasi novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer
Kalung Franka Franklin terinspirasi novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer.

Kalung yang menghiasi leher Franka Franklin itu merupakan koleksi Tulola Jewelry. Koleksi 'Perempuan Dalam Bumi Manusia' diluncurkan pertama kali pada 2014.

Namun, karya ini ditampilkan kembali untuk memperingati 11 tahun berdirinya perusahaan perhiasan tersebut, dengan mengusung tema 'Perjalanan, Kenangan', pada Agustus 2019.

Franka Franklin menjelaskan bahwa kalung itu dibuat secara terbatas. Butuh waktu tiga minggu untuk menggergaji satu per satu hurufnya.

"Perhiasan ini dikerjakan 100 persen dibuat oleh tangan manusia (handmade). Perhiasan juga tidak hanya sekadar desain, tapi ada konsep motif di balik itu," kata dia.

Pada awal peluncurannya, kalung itu hanya ada satu. Kemudian diperbanyak menjadi tiga buah. Jadi, kalung jenis ini hanya ada empat buah di dunia ini.

"Pembuatan kalung ini juga sangat terbatas. Waktu launching hanya membuat satu dan salah satu desain yang mirip seperti ini ada tiga. Semuanya bahannya Sterling Silver 92,5 persen yang merupakan perak terbaik dan memakai standar internasional yang dipakai brand-brand jewelry internasional,” ungkap Franka Franklin.

Sayangnya, dia tidak membocorkan berapa harga dari kalung tersebut.