Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, saat melakukan konferensi pers di Gedung Negara Grahadi. (Foto: Alief Sambogo/Ngopibareng.id)

Magetan Dianggap Juara Penanganan Corona di Jatim

Jawa Timur 14 April 2020 07:48 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, mengapresiasi tindakan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Magetan dalam melakukan tindakan pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah mereka.

Menurut Khofifah, ketika ada kasus positif pertama di Kabupaten Magetan, Bupati Magetan Suprawoto langsung melakukan isolasi mandiri. Selain itu, ia langsung melakukan tracing terhadap pasien positif Covid-19. Padahal sebelumnya, Kabupaten Magetan menjadi salah satu daerah awal yang cukup menonjol pasien positif Covid-19.Jumlah yang positih bahkan langsung tiga orang.

"Nah pada saat terkonfirmasi tiga itu, Bupati Magetan memang langsung melakukan isolasi. Seperti isolasin yang diminta Presiden, itu mereka memang harus dilakukan isolasi mandiri, dan mereka langsung melakukan itu," kata Khofifah, Senin 13 April 2020 di Gedung Negara Grahadi saat melakulan konferensi pers soak persebaran pasien Covid-19 di Jatim.

Khofifah mengatakan, saat ada konfirmasi pasien positif Covid-19 di Jatim, Bupati Magetan langsung melakukan koordinasi dengan Forkompimda hingga tingkat desa. Menurutnya, tindakan dini yang dilakukan Magetan, mendapatkan hasil yang cukup komprehensif. Bahkan hingga saat ini, Khofifah mengatakan bahwa Bupati Magetan terus memberikan report secara detil kepada Khofifah.

Padahal, Magetan adalah peringkat ketiga setelah Surabaya dan Malang, saat pertama kali ada pengumuman pasien positif Covid-19 di Jawa Timur.

"Pak Bupati Magetan sampai hari ini pun, aktivitas-aktivitas yang beliau lakukan di dalam proses pencegahan penularan itu beliau report secara detail kepada kami. Kita bisa melihat dari Kabupaten Magetan, 10 yang terkonfirmasi positif saat ini hanya tinggal satu kalau tak salah," katanya.

Ia mengatakan, ketika hasil tracing diikuti oleh langkah-langkah yang cukup komprehensif oleh daerah untuk isolasi mencegah kemungkinan penularan, maka daerah tersebut dianggap bisa sukses dalam menangani kasus Covid-19.

"Kita bisa melihat pencegahan yang dilakukan lebih dini dan lebih seksama itu bisa melakukan proses isolasi sehingga PDP-nya hari ini tercatat 16 orang. salah satu contoh yang cukup sukses adalah Kabupaten Magetan," katanya.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 10:16 WIB

Nadiem NU, Nadiem Muhammadiyah

Arif Afandi

Nadiem Makarim perlu bersahabat dengan NU dan Muhammadiyah. Kenapa?

09 Aug 2020 10:10 WIB

Sinopsis Ghost Writer: Pertemuan Penulis dengan Arwah

Film

Film Indonesia berjudul Ghost Writer akan tayang malam ini.

09 Aug 2020 09:52 WIB

Itung-itungan Ganti Rugi Juventus Pecat Maurizio Sarri Rp345 M

Liga Champions

Posisi Maurizio Sarri sebagai pelatih Juventus digantikan oleh Andre Pirlo.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...