Krosia kunci satu tiket ke putaran final Piala Eropa setelah menang 3-1 atas Slovakia. (Foto: Twitter/@HNS_CFF)

Kalahkan Slovakia, Kroasia Genggam Satu Tiket ke Piala Eropa 2020

Dunia 17 November 2019 06:22 WIB

Kroasia memastikan diri lolos ke Piala Eropa 2020 usai bangkit setelah sempat tertinggal dari tamunya, Slovakia di babak pertama. Bertanding di Stadion HNK Rujevica, Minggu 17 November 2019, Krosia menyudahi perlawanan tim tamu dengan skor 3-1.

Luka Modric dkk membutuhkan minimal hasil imbang dalam laga terakhir mereka di fase grup E Kualifiksi Piala Eropa 2020 saat menjamu Slovakia. Sementara tim tamu juga membutuhkan poin guna menjaga asa lolos.

Bertindak sebagai tuan rumah, Kroasia justru kesulitan membongkar pertahanan Slovakia di babak pertama. Slovakia sendiri bermain rapat dan sesekali mengandalkan serangan balik.

Strategi tersebut terbukti jitu, saat Kroasia mengalami kebuntuan, Marek Hamsik dkk berhasil mencuri gol di babak pertama melalui sontekan Robert Bozenik pada menit ke-32. Keunggulan Slovakia atas tuan rumah bertahan sampai 45 menit babak pertama.

Di babak kedua, Kroasia yang mau tidak mau harus mengejar ketertinggalan bermain agresif. Usaha mereka akhirnya membuahkan hasil di menit ke-56. Nikola Vlasic berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Usai mendapat gol penyama, Kroasia semakin gencar menekan pertahanan Slovakia. Hasilnya, saat laga genap berusia satu jam, Bruno Petkovic membuat Kroasia berbalik unggul 2-1.

Slovakia semakin terjepit saat penyerang mereka, Robert Mak diganjar kartu merah pada menit ke-66.

Unggul jumlah pemain, Kroasia semakin leluasa menggempur pertahanan Slovakia. Menit ke-74, giliran Ivan Perisic yang mencetak gol untuk Kroasia menjadi 3-1.

Di sisa waktu laga, tidak ada gol tambahan. Hasil 3-1 untuk kemenangan Kroasia bertahan sampai peluit panjang pertandingan.

Hasil ini memastikan Kroasia lolos ke Piala Eropa dengan raihan 17 poin dari 8 laga, sekaligus menjadi pemuncak klasemen grup E.

Sementara pada pertandingan lainnya di grup E, Wales berhasil meraih tiga poin usai mengalahkan tuan rumah Azerbaijan dua gol tanpa balas. Dua gol Wales dicetak oleh Kieffer Moore dan Hary Wilson di babak pertama.

Kini persaingan memperebutkan satu tempat tersisa untuk lolos ke Piala Eropa 2020 dari Grup E akan diperebutkan tiga tim yakni Hungaria, Wales dan Slovakia. Ketiga tim tersebut baru bermain sebanyak 7 laga dan menyisakan satu pertandingan pamungkas.

Hungaria berada di posisi kedua dengan 12 poin, diikuti Wales di posisi ketiga dengan 11 poin dan Slovakia membuntuti di posisi keempat dengan 10 poin.

Di laga terakhir, Wales akan menjamu Hungaria, sedangkan Slovakia akan menghadapi Azerbaijan.

Penulis : Faiq Azmi

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Dec 2019 10:01 WIB

Mario Mandzukic Hengkang dari Juventus, Gabung Al-Duhail

Liga Italy

Hengkangnya striker asal Kroasia ini karena sering dibangkucadangkan oleh pelatih

22 Nov 2019 08:40 WIB

Bale Bukan Pemain Pertama yang Prioritaskan Negara Ketimbang Klub

Liga Spanyol

Ada lima pemain lain yang dihujat fans karena hal serupa

18 Nov 2019 06:31 WIB

Gulung Kosovo, Inggris Mantap di Puncak Klasemen

Dunia

Hanya dalam tempo tiga hari, Inggris dua kali pesta gol

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.