Kalahkan Quartararo, Alex Rins Menjadi yang Terdepan di FP3

15 Jun 2019 18:38 MotoGP

Tak terlihat menonjol pada dua sesi latihan bebas sebelumnya, Alex Rins menyodok ke posisi teratas di FP3 Moto GP Catalunya yang berlangsung Sabtu 15 Juni 2019. Rider Suzuki itu mengalahkan Fabio Quartararo yang akhirnya berada di posisi kedua.

Pada sesi latihan bebas ketiga di Sirkuit Catalunya ini, Rins melesat dan mencetak waktu 1 menit 39,547 detik. Pembalap Suzuki itu hanya berjarak 0,036 detik dari Quartararo yang berada di posisi kedua.

Sementara Pembalap LCR Honda, Carl Crutchlow yang nyaris tak lolos ke Q2, berhasil memperbaiki kecepatannya di pengujung  di penghujung sesi untuk menempati posisi ketiga.

Untuk melengkapi lima besar diisi duo Yamaha Monster Energy, Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Mereka berhasil menyisihkan Andrea Dovizioso yang harus puas berada di urutan keenam. Pol Espargaro dan Danilo Petrucci di posisi ketujuh dan kedelapan.

Tensi panas terjadi di antara duo Honda Repsol Marquez dan Jorge Lorenzo. Marquez dikabarkan kesal karena merasa dihalangi oleh rekan setimnya itu. Pada prosesnya, kedua pembalap mengakhiri latihan bebas ini di urutan sembilan dan 10.

Nasib sial dirasakan pembalap Petronas Yamaha Franco Morbidelli. Dia mengalami kecelakaan cukup parah sehingga harus dirawat ke pusat medis. Morbidelli yang menempati urutan ke-10 di sebagian besar sesi, harus melorot ke posisi ke-13.

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini