Kalah Sengketa Pilpres di MK, Kado Pahit Ultah Sandiaga Uno

28 Jun 2019 09:00 Nasional

Calon wakil presiden pasangan Prabowo Subianto, yakni Sandiaga Uno berulang tahun ke-50, pada hari ini. Ulang tahun Sandiaga Uno tepat sehari setelah Mahkamah Konstitusi memutuskan menolak gugatan sengketa Pilpres 2019 dari kubu Prabowo-Sandi. Awalnya, putusan ini akan dibacakan pada Jumat, 28 Juni 2019, tapi kemudian dimajukan dari jadwal.

Keputusan MK tentu menjadi kado pahit bagi Sandiaga Uno. Mengingat ia telah melepaskan jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta demi mendampingi Prabowo dalam Pilpres.

Mengutip dari akun Twitter Sandiaga Uno, @sandiuno, suami Nur Asia ini memanjatkan doa untuk kepentingan bangsa meski dirinya dipastikan gagal menduduki kursi orang nomor 2 di RI.

Lelaki bernama lengkap Sandiaga Salahuddin Uno lahir di Pekanbaru, Riau, 28 Juni 1969. Dia adalah pengusaha dan politikus. Sandiaga Uno memenangkan pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta 2017 bersama dengan Anies Baswedan, dan memulai masa jabatannya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta pada bulan Oktober 2017.

Tapi akhirnya dia mundur sebagai wakil gubernur dan memilih ikut Pilpres 2019 dengan berpasangan dengan Prabowo Subianto. Sayangnya, pilihan politik itu gagal.

Pada tahun 2009, ayah tiga anak ini tercatat sebagai orang terkaya urutan ke-29 di Indonesia menurut majalah Forbes. Tahun 2011, Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia. Anak Mien Uno ini menduduki peringkat ke-37 dengan total kekayaan 660 juta dolar AS. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini