Maria juara Indonesian Idol 2018. foto: kompas.com

Kalah Polling dari Abdul, Kenapa Maria Juara Indonesian Idol 2018?

24 Apr 2018 13:00

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Ahmad Abdul harus mengubur mimpinya untuk jadi Idola Indonesia. Dalam pembacaan hasil voting, Abdul kalah bersaing dengan Maria. Dia harus puas menjadi runner-up Indonesian Idol 2018.

“Apapun hasilnya, ini pilihan Indonesia,” kata Abdul dalam jumpa pers di Ecovention Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Selasa 24 April 2018, dini hari.

Alih-alih merasa kecewa, Abdul tetap mensyukuri keberhasilannya bertahan sampai babak final. Bagi pria yang berprofesi design grafis ini, uang hadiah senilai Rp100 juta tetap dapat ia manfaatkan untuk memberangkatkan sang ibu ke Tanah Suci.

Selain itu, Abdul juga bersyukur karena uang hadiah yang didapat bisa digunakan untuk tambahan modal, guna melanjutkan karyanya sebagai musisi. “Mungkin juga buat modal berkarir,” tandas pria asal Denpasar itu.

Setelah empat bulan lebih bersaing di ajang pencarian bakat menyanyi Indonesian Idol 2018, akhirnya nama Maria keluar menjadi pemenangnya. Kemenangan ini didapatkan oleh Maria atas hasil perolehan SMS dari jutaan pemirsa RCTI seluruh Indonesia.

Praktis Maria memecahkan rekor sebagai kontestan termuda season ini yang berhasil menjadi jawara the next Indonesian Idol 2018.

Jadi Idola Indonesia 2018, Maria membawa pulang hadiah uang tunai Rp 150 juta plus hadiah Mobil Mitsubishi Expander dan kontrak masuk dapur rekaman.

Kemenangan Maria berlawanan dengan hasil polling Twitter resmi Indonesian Idol, @indonesianidol. Setidaknya 2 kali Maria dikalahkan Abdul dengan persentase yang berselisih telak alias jauh dalam jajak pendapat (polling) di Twitter.

Polling pertama digelar 20 April 2018 lalu. Pertanyaan polling: siapa yang paling banyak dukungan untuk memenangi Indonesian Idol 2018?

Pertanyaan kedua: Lagu kemenangan Indonesian Idol lebih pas dibawakan Abdul atau Maria? Ternyata nama Abdul unggul di kedua kategori tersebut.

Abdul ternyata juga unggul dalam polling di malam grandfinal Indonesian Idol 2018 dibanding Maria. 

Ketika dilempar pertanyaan: Mana kolaborasi terbaik? Apakah kolaborasi duet Abdul dan dan Glenn Fredly? Atau kolaborasi duet Maria dan Sandy Sandoro? 

Lagi-lagi Abdul memenangi polling dengan dengan 63 persen dibanding Maria yang meraup 37 persen.

Meski kalah telak dalam polling di Twitter, tentu saja Maria tetap berhak dan sah menikmati kemenangannya sebagai Indonesia 2018. Sebab, dasar kemenangan yang sah memang bukan polling Twitter. 

Bahkan juga bukan berdasar penilaian dan selera para juri, melainkan berdasar keunggulan dalam menjaring dukungan pemirsa RCTI lewat voting SMS. (*)

Abdul selalu unggul dalam polling Twitter di akun resmi Indonesian Idol 2018.