Juventus vs Fiorentina: Pesta di Rumah Sendiri

20 Apr 2019 10:18 Liga Italy

Kekalahan di kandang SPAL pekan lalu menunda pesta juara Juventus. Derita La Vecchia Signora bertambah, karena selang beberapa hari kemudian mereka disingkirkan Ajax dari perburuan gelar juara Liga Champions. Kini, Juventus memiliki peluang menggelar pesta Scudetto di rumah sendiri.

Menjamu Fiorentina di giornata 33 Serie A 2018-2019 di Allianz Stadium, Sabtu 20 April 2019, Juventus sejatinya hanya butuh tambahan satu poin untuk memastikan gelar ke-8 secara beruntun. Di atas kertas, tak akan sulit bagi Bianconeri untuk mendapatkannya.

Kesempatan itu cukup terbuka karena Fiorentina baru saja berganti pelatih. Stefano Pioli telah mengundurkan diri, dan Vincenzo Montella mengisi kekosongan itu. Kembalinya Montella ke Artemio Franchi, pelatih yang sebelumnya pernah melatih Fiorentina periode 2012-2015 bisa jadi butuh waktu untuk beradaptasi.

Setidaknya, kegagalan Montella pada debutnya di periode kedua ketika Fiorentina ditahan imbang 0-0 Bologna di pekan sebelumnya bisa jadi cerminannya. Hasil itu menjadikan Fiorentina tanpa kemenangan dalam delapan laga terakhirnya di Serie A.

Fiorentina juga hanya menang dua kali dalam 15 laga terakhir mereka di kompetisi domestik (M2 S9 K4). Untuk tim yang skuatnya dihuni beberapa pemain bertalenta seperti Giovanni Simeone hingga Federico Chiesa, performa itu jelas sangat mengecewakan.

Melawan Juventus yang sedang terluka dan mencari pelampiasan, serta tak mau lagi menyia-nyiakan kesempatan untuk mengunci gelar juara liga, Fiorentina pun kurang difavoritkan.

Juventus memang tidak bakal turun dengan starting XI terbaiknya. Mario Mandzukic, Paulo Dybala, Giorgio Chiellini dan Douglas Costa bisa absen melawan Fiorentina. Namun Juventus diyakini masih punya cukup kekuatan untuk menjinakkan Fiorentina.

Sementara di kubu Juventus, Cristiano Ronaldo, yang mencetak dua gol dalam dua leg melawan Ajax di perempat final Liga Champions bakal kembali jadi tumpuan utama di lini serang. Top scorerJuventus itu bakal di-support oleh Juan Cuadrado dan Federico Bernardeschi, yang notabene merupakan dua mantan pemain Fiorentina.

Pada pertemuan pertama musim ini, Juventus menghantam Fiorentina 3-0 di Artemio Franchi. Juventus menang lewat penalti Ronaldo serta gol-gol Rodrigo Bentancur dan Chiellini. Di Turin nanti, Juventus sangat diunggulkan untuk kembali meraih tiga poin.

 

Prakiraan Susunan Pemain

Juventus (4-3-3): Szczesny; Cancelo, Bonucci, Rugani, Alex Sandro; Bentancur, Pjanic, Matuidi; Cuadrado, Ronaldo, Bernardeschi. Pelatih:Masimiliano Allegri.

 

Fiorentina (3-5-2): Lafont; Milenkovic, Pezzella, Ceccherini; Chiesa, Benassi, Veretout, Gerson, Biraghi; Simeone, Muriel. Pelatih: Vincenzo Montella.

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini