Pemusnahan jutaan batang rokok illegal di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang (Foto: Lalu Theo/ngopibareng.id)
Pemusnahan jutaan batang rokok illegal di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang (Foto: Lalu Theo/ngopibareng.id)

Dua Juta Batang Rokok Illegal di Malang Dimusnahkan

Ngopibareng.id Jawa Timur 25 August 2020 12:57 WIB

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang memusnahkan sekitar 2 juta lebih batang rokok illegal hasil penindakan selama satu semester 2020.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Direktorat Jenderal Bea Cukai Jawa Timur (Jatim) II, Oentarto Wibowo, mengatakan bahwa penindakan ini merupakan program dari Bea Cukai yaitu Gempur Rokok Illegal.

"Memang sebagian besar yang akan kami musnahkan hari ini lebih dari dua juta batang dan potensi kerugian negara itu mencapai Rp1,5 miliar lebih," katanya, Selasa 25 Agustus 2020.

Selain itu, Bea Cukai Malang juga berhasil menyita Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) sebanyak 4.070 liter dan beberapa barang kiriman illegal dari kantor pos seperti anak panah.

"Hasil penindakan yang kami lakukan tidak hanya rokok. Tidak hanya produk hasil tembakau, tetapi ada barang illegal lain yang turut kami sita," ujar Oentarto.

Pemusnahan barang kena cukai tersebut dilakukan dengan cara dibakar. Pemusnahan ini kata, Oentarto dilakukan secara serentak di 8 kabupaten dan kota yang berada di wilayah kerja Direktorat Jenderal Bea Cukai Jatim II.

"Pelayanan di bawah wilayah kerja kami ada 8 kantor mulai Madiun hingga Banyuwangi. Ini merupakan kegiatan serentak pemusnahan barang hasil penindakan selama satu semester," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Cukai Malang, Latif Helmi, mengatakan upaya penindakan tersebut akan terus dilakukan. 

"Dalam hal ini, peran masyarakat juga sangat penting. Kami mengimbau agar masyarakat tidak membeli, mengkonsumsi maupun memproduksi barang illegal," katanya.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Oct 2020 23:31 WIB

Gunung Sinabung Erupsi Lagi, Luncurkan Awan Panas Sejauh 1.500 M

Warta Bumi

Gunung Sinabung luncurkan awan panas sejauh 1.500 meter.

25 Oct 2020 23:15 WIB

Jelang Risma Pensiun, Keluhan Warga di Reses Dewan Masih Sama

Surabaya

Mahfudz tepok jidat kinerja Risma tak berdampak

25 Oct 2020 23:02 WIB

Tim Cyber Media PDIP Lawan Hoax di Pilkada 2020, Ini Tugasnya

Pilkada

Tim ini dilatih untuk melawan kampanye hitam dengan kampanye positif.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...