Wartawan peduli corona membagikan hand sanitizer kepada anggota polisi di Kediri. (Foto: Fendhy Plesmana/Ngopibareng.id)
Cegah virus Corona

Peduli Pencegahan Corona, Jurnalis Kediri Bagikan Hand Sanitizer

Jawa Timur 18 March 2020 14:33 WIB

Di tengah kesibukan sebagai kuli tinta, puluhan wartawan di Kediri melakukan aksi simpatik membagikan ratusan hand sanitizer secara gratis kepada para pengguna jalan. Aksi simpatik ini dilaksanakan di jalan Raya Ahmad Yani Kota Kediri tepatnya di depan hutan kota Joyoboyo.

Koordinator aksi, Hari Tri Warsono mengatakan, aksi ini untuk membangun solidaritas oleh sejumlah jurnalis yang melakukan peliputan di wilayah Kota dan Kabupaten Kediri sekaligus sosialisasi kepada masyarakat.

Ia menilai jika penyebaran virus Corona saat ini bukan hanya bagian dari tanggung jawab pemerintah saja, melainkan juga tanggung jawab bersama.

Ia mengaggap media memiliki peran yang sangat penting serta bertanggungjawab memberikan informasi yang mendidik kepada masyarakat.
Maka dari itu, ia menghimbau agar dalam penyampaian atau penyebaran informasi kepada masyarakat hendaknya tidak membuat masyarakat semakin cemas.

"Tidak hanya peran dari pemerintah, Corona juga menjadi persoalan teman-teman media. Kenapa? Karena teman-teman media memiliki peranan penting, dalam hal menyampaikan informasi kepada masyarakat yang benar, jangan sampai malah membuat panik karena pemberitaan yang keliru," katanya.

Lanjut Hari, profesi wartawan ini berhubungan langsung dengan orang banyak, sehingga potensi tertular juga besar. Maka dari itu, sosialisasi ini memberikan kesadaran bagi para jurnalis untuk melakukan kewaspadaan diri.

"Yang terpenting adalah kita berkomiteman untuk selalu memberitakan wabah corona sesuai se-obyektif mungkin, sesuai kaidah jurnalistik. Tidak menyebarkan ketakutan dan kecemasan masyarakat," kata.

Selain membagikan hand sanitizer, para jurnalis ini juga memberikan edukasi atau pemahaman tentang virus corona dengan menghadirkan narasumber dr Fauzan Adima, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Kediri.

Penulis : Fendhy Plesmana

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Aug 2020 21:45 WIB

Lima Orang Positif Covid-19, PN Surabaya Lockdown

Surabaya

Total sudah tujuh orang terpapar Covid-19.

08 Aug 2020 21:42 WIB

Kepemimpinan Ganjar Dinilai Penuh Inspirasi

Nusantara

Penilaian disampaikan Helmi Yahya.

08 Aug 2020 21:35 WIB

Realme Beri Diskon Rp200 Ribu Sejak Hari Ini

Ekonomi dan Bisnis

Tiga gawainya didiskon hingga Rp200 ribu.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...