Jurnalis ngopibareng.id Juara Dua Anugerah Indonesia Damai

29 Nov 2018 23:17 Nasional

Jurnalis ngopibareng.id, Moch. Amir meraih juara dua dalam Anugrah Indonesia Damai yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Pencegahan Terorisme tahun 2018.

Dalam Anugrah Indonesia Damai ini ada selain karya jurnalistik kategori lain dilombakan yaitu Dakwah Ayat-ayat Damai yang diikuti oleh para pemuka agama dan video pendek yang diikuti oleh siswa SMA seluruh Indonesia.

Khusus untuk lomba karya jurnalistik, ada sekitar 130-an karya masuk ke panitia. Dari jumlah itu, kemudian dipilih 10 karya terbaik untuk dipilih sebagai juara 1-3, juara harapan 1-3 dan empat nominasi utama.

Sebagai dewan juri untuk kategori lomba karya jurnalistik ada nama Yosep Stanley Adi Prasetyo, (Ketua Dewan Pers), Abdullah Alamudi (jurnalis senior), Willy Pramudya (jurnalis senior), Dwijo Maksum (jurnalis senior) dan Andi Intan dari BNPT.

Salah satu anggota dewan juri, Willy Pramudya mengatakan jika dibanding lomba yang sama tahun lalu, kali ini jurnalis dari media main stream lebih banyak berpartisipasi.

Piala dan piagam penghargaan naskah terbaik karya jurnalistik BNPT
Piala dan piagam penghargaan naskah terbaik karya jurnalistik BNPT

"Dengan lebih banyak media main stream yang berpartisipasi, semoga pesan-pesan Indonesia damai lebih banyak tersampaikan kepada publik," kata Willy.

Willy juga menambahkan, selama penjurian, dia mencermati masih ada jurnalis yang secara tak sengaja malah mengklarifikasi tindakan terorisme dalam karya tulisnya. Ini tentu saja kontraproduktif dengan upaya untuk menangkal radikalisme teroris.

"Kami selalu mengingatkan kepada jurnalis agar selalu mematuhi kode etik dan selalu berpegang pada pedoman liputan terorisme saat melakukan liputan soal terorisme," kata dia.

Selain itu, dia juga mencatat jika rata-rata karya yang masuk ke panitia, masih kurang dalam kedalaman liputan. Ke depan, dia berharap liputan-liputan soal terorisme bisa lebih dalam lagi. Terutama untuk mengeksplorasi kearifan lokal untuk menangkal terorisme di Indonesia.

Berikut daftar pemenang Anugrah Indonesia Damai untuk kategori karya jurnalistik.

 

Juara 1 Erik Putra dari Republika
Juara 2 Moch. Amir dari ngopibareng.id
Juara 3 Anang Zakaria dari beritagar.id

Reporter/Penulis : Witanto


Bagikan artikel ini