Jumat Besok, Mengheningkan Cipta Selama 2 Menit di Selandia Baru

21 Mar 2019 19:50 Internasional

Momen mengheningkan cipta selama dua menit akan digelar secara nasional di Selandia Baru, pada Jumat besok. Acara ini untuk menghormati para korban aksi teroris di dua masjid di Kota Christchurch, satu minggu lalu. Media nasional Selandia Baru, Radio NZ dan TVNZ, juga akan menyiarkan adzan.

"Saya tahu ada banyak orang yang berniat menunjukkan dukuangan untuk komunitas Muslim saat mereka kembali ke masjid-masjid, khususnya pada hari Jumat. Ada juga niat di antara warga Selandia Baru untuk memperingati satu pekan yang lalu sejak serangan teroris," kata Perdana Menteri (PM) Jacinda Ardern dalam konferensi persnya.

Sebelumnya, aksi mengheningkan cipta selama dua menit juga pernah dilakukan untuk mengenang tragedi ledakan Pike River pada 2010 silam.

Dalam rangka peringatan satu minggu aksi teroris di Masjid Al Noor dan Linwood Ave, Kota Christchurch, juga digelar aksi 'Solidaritas dalam Kerudung'. Sesuai tema maka para perempuan dari semua agama atau kepercayaan di Selandia Baru diminta untuk mengenakan kerudung. Acara ini kabarnya telah disetujui oleh Dewan Perempuan Islam di Selandia Baru.

Sebelumnya, sidang Parlemen Selandia Baru dibuka dengan pembacaan Surat Al-Baqarah ayat 153-156 oleh Imam Nizam ul haq Tranvi, diikuti versi bahasa Inggris oleh Imam Tahir Nawaz. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini