Achmad Yurianto, juru bicara pemerintah untuk penanggulangan Covid-19. (Foto: Dok. Kemenkes)

Jubir Covid-19 Achmad Yurianto Raih Penghargaan PR of the Year

Tokoh 15 May 2020 17:50 WIB

Masyarakat Indonesia tentu tak asing dengan sosok Achmad Yuriato. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sekaligus juru bicara pemerintah untuk penanggulangan Covid-19 ini, selalu mengabarkan update atau perkembangan kasus corona di Tanah Air setiap pukul 15.30 WIB secara live di kanal YouTube BNPB, dan disiarkan langsung di stasiun televisi swasta maupun TVRI.

Achmad Yuriato baru saja mendapatkan penghargaan sebagai PR of The Year dalam Indonesia Corporate Branding PR Award 2020, yang diselenggarakan oleh Iconomics Research and Consulting.

"Dirjen P2P sekaligus jubir penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menerima penghargaan sebagai PR of The Year 2020 dari Iconomics Research & Consulting. Penghargaan ini sebagai apresiasi atas kerja keras PR di perusahaan/lembaga yang dipimpinnya," tulis akun Twitter Kemenkes RI, Jumat 15 Mei 2020.

Bram S Putro selaku Founder dan CEO Iconomics mengatakan, penilaian dilakukan oleh Divisi Riset Iconomics. Alex Mulya selaku Direktur Riset Iconomics menyatakan bahwa riset ini dilakukan sejak pertengahan Maret hingga awal April 2020.

Kriteria penilaian berdasarkan 9 aspek penilaian (3 pilar) citra perusahaan yakni commercial, organizational, dan social pillar. Jika dihadapkan pada situasi dan kondisi saat ini, maka PR memiliki peran penting dalam menciptakan berita yang positif untuk mengimbangi berita yang negatif.

Iconomics Research & Consulting dipimpin oleh Bram Suryo Putro sejak Juni 2019. Bram adalah eks Chief Operation Officer media Warta Ekonomi. Iconomics Research & Consulting tercatat acap memberikan penghargaan kepada BUMN-BUMN. Dari mulai Perhutani, RRI, Hutama Karya hingga PT KAI.

Lembaga ini pernah bekerja sama dengan RRI untuk menyelenggarakan BUMN Award pada 26 September 2019.  Tidak banyak informasi lebih lanjut terkait lembaga ini selain soal rekam jejaknya dengan BUMN.

Di sisi lain, Achmad Yurianto adalah dokter lulusan Unair. Dia kemudian berkarier sebagai dokter militer. Jabatan Dirjen P2P diembannya sejak bulan Maret 2020. Berdasarkan hasil riset lembaga Indonesia Indicator (I2) menunjukkan, Achmad Yurianto meraih top influencer dalam jajaran figur isu corona. Sementara itu, peringkat Menteri Kesehatan (Menkes) Agus Terawan Putranto ada di posisi 14.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

16 Aug 2020 00:20 WIB

Video Amien Rais Sebut Jokowi Otoriter

Politik

Video terbaru Amien Rais menyebut rezim Presiden Jokowi otoriter.

15 Aug 2020 23:59 WIB

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI 16 Agustus 2020

Pendidikan

Tayangan edukasi disajikan pada program Belajar dari Rumah.

15 Aug 2020 23:45 WIB

Arsenal Pecat 55 Karyawan, Tapi Gaji Mahal Willian Borges

Liga Inggris

Willian Borges digaji hampir 1,9 miliar per minggu.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...