International BMX Level Hors Class pertama di Indonesia dan kedua di Asia, sekakigus pra kualifikasi Olimpiade Jepang 2020 yang diselenggarakan di Banyuwangi, 27 Oktober 2019. (Foto: Istimewa)

Juara Kompetisi BMX di Banyuwangi Incar Olimpiade Tokyo 2020

Balap Sepeda 27 October 2019 13:07 WIB

Pebalap Sepeda asal Inggris Quillan Isidore berhasil menjuarai nomor Elite Men di ajang Banyuwangi International Bicycle Motocross (BMX) Competition 2019, Sabtu, 26 Oktober 2019.

Pebalap berusia 23 tahun itu berhasil menorehkan catatan waktu 33.088 detik. Dia berhasil mengungguli dua pebalab lain, yakni Cristobal Andres Palominos Rodriguez dari Chile dan Philip Schaub asal Jerman. Isidore mengatakan, capaiannya tersebut dapat mendukung rencananya untuk berkompetisi di ajang Olimpiade 2020 Tokyo, Jepang.

"Saya berusaha bermain di Tokyo. Namun, saat ini saya masih belum lolos ke sana," katanya dalam rilis yang diterima ngopibareng.id, Minggu, 27 Oktober 2019.

Untuk diketahui, Banyuwangi International BMX Competition 2019 merupakan ajang balap dengan klasifikasi Hors Class (HC). Klasifikasi HC merupakan kesempatan bagi pebalap BMX mengumpulkan poin agar bisa lolos ke ajang Olimpiade.

Balapan kali ini diikuti 254 pembalap terbaik dari 19 negara. Balapan ini salah satu dari 99 event Banyuwangi Festival, Program Sport Tourism, tahun ke-5 yang diselenggarakan di Sirkuit International BMX Banyuwangi. 

Terkait penyelenggaraan Banyuwangi International BMX Competition 2019, Isidore mengatakan, balapan kali itu memiliki atmosfer yang bagus. "Saya pernah bermain di World Cup, tetapi atmosfernya di sini lebih seru daripada World Cup. Kami semua menyukainya," kata juara dunia BMX U16 pada 2012 itu.

Sementara itu, I Gusti Bagus Saputra menjadi satu-satunya pebalap Indonesia dengan capaian terbaik pada hari pertama penyelenggaraan ajang tersebut. Bagus berhasil finish di posisi keenam dengan catatan waktu 34.771 detik.

Meski begitu, Bagus mengaku puas karena ajang tersebut merupakan kali pertama dirinya lolos ke babak final kompetisi bertaraf dunia. "Persaingan tahun ini tambah besar, sebab negara pesertanya lebih banyak. Pebalapnya juga level top di dunia BMX," kata rider asal Mataram itu.

Untuk nomor Elite Women, pebalap asal Selandia Baru Sarah Walker berhasil meraih posisi pertama. Peraih medali perak di Olimpiade 2012 ini finish dengan catatan waktu 37.727 detik. Dia berhasil mengungguli Caroline Buchanan dari Australia, dan Nadja Pries asal Jerman.

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Jul 2020 14:40 WIB

Kambuh, Residivis Kasus Jambret Banyuwangi Ditembak Polisi

Kriminalitas

Kambuh, Residivis Kasus Jambret ini Kembali Dibekuk Polisi

08 Jul 2020 20:43 WIB

Nenek 53 Tahun Rampas Tas Warga Saat Belanja di Pasar

Kriminalitas

Seorang nenek nekat merampas tas di pasar.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...