Jordi Alba Gol Bunuh Diri, Barcelona Keok di Markas Valencia

26 Jan 2020 09:15 Liga Spanyol

Barcelona menelan pil pahit saat bertamu ke markas Valencia dalam laga pekan ke-21 Liga  Spanyol 2019-2020.

Barcelona menyerah dari Valencia dengan skor 0-2 di Estadio de Mestalla, Sabtu 22 Januari 2020 malam WIB.

Saat laga dimulai, Barcelona langsung mengambil inisiatif serangan. Memanfaatkan dua lini depan terbaik yakni Lionel Messi dan Antoine Griezmann, Barcelona memiliki ambisi besar untuk bisa mencetak gol secepatnya.

Akan tetapi usaha itu harus berujung sia-sia ketika pada menit 10 Barcelona mendapat petaka. Pelanggaran Sergi Roberto terhadap Maxi Gomez di kotak penalti, berbuah hadiah titik putih untuk Valencia yang disambut baik oleh Velancia yang bertindak sebagai tuan rumah.

Valencia pun menunjuk sang striker Gomez sebagai eksekutor. Namun, kesempatan emas itu harus terbuang percuma karena Gomez gagal mengeksekusi penalti ke gawang Marc-Andre ter Stegen pada menit 12.

Skor imbang 0-0. Laga kembali berlanjut dan Barcelona dominasinya terhadap Valencia. Messi yang menjadi motor serangan seringkali menciptakan peluang. Sementara Valencia sesekali melakukan serangan balik yang sangat berbahaya.

Kesempatan emas didapat Valencia pada menit 29. Akan tetapi, tendangan keras Gomez ke gawang Barcelona ditepis Marc-Andre ter Stegen.

Akhirnya hingga laga babak pertama usai, skor tak mengalami perubahan. Kedua tim masih sama kuat dengan skor 0-0.

Awal babak kedua, Barcelona langsung membuka laga dengan kesempatan emas untuk mencetak gol ke gawang Valencia. Kesempatan itu datang dari Ansu Fati yang melakukan kerja sama dengan Messi. Tetapi ketika ia melancarkan tembakan, bola masih melebar dari gawang.

Petaka muncul bagi Barcelona, ketika publik Valencia bersorak. Pada menit 48 gawang Barcelona mengalami kebobolan setelah Jordi Alba melakukan gol bunuh diri.

Kali ini tembakan keras striker Valencia yakni Gomez berhasil menaklukkan Marc-Andre ter Stegen. Meski gol bukan lahir murni dari tembakannya, tetapi Gomez mendapat bantuan dari Jordi Alba yang membelokkan bola untuk meluncur ke gawang Barcelona di tempat kosong. Skor berubah 1-0.

Tertinggal satu gol, Barcelona gencar melakukan serangan ke gawang Valencia. Namun semua usaha masih sia-sia. Tak ada gol tercipta, meski Messi dan Griezmann bergantian menciptakan peluang untuk menciptakan gol.

Pada menit 77, petaka kembali mendatangi Barcelona. Valencia berhasil mencetak gol kedua yang kali ini gol benar-benar datang dari Gomez. Memanfaatkan umpan dari Ferran Torres, Gomez mendapatkan ruang untuk melepaskan tendangan melengkung yang berhasil melewati Marc-Andre ter Stegen ke belakang gawang.

Skor berubah, Valencia unggul 2-0. Keunggulan Valencia benar-benar membuat Barcelona terpukul.

Susunan Pemain

Valencia (4-4-2): Jaume Domenech; Daniel Wass, Ezequiel Garay, Gabriel Paulista, Jose Gaya; Ferran Torres, Francis Coquelin, Geoffrey Kondogbia, Carlos Soler; Kevin Gameiro, Maxi Gomez.

Barcelona (3-1-4-2): Marc-Andre ter Stegen; Sergio Roberto, Gerard Pique, Samuel Umtiti; Sergio Busquets; Jordi Alba, Arthur, Frenkie de Jong, Ansu Fati; Lionel Messi, Antoine Griezmann.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini