Jusuf Kalla Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf

10 Aug 2018 15:46 Politik
Ngopibareng.id |

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memastikan ketua Tim Pemenangan Nasional pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan dijabat Wakil Presiden Jusuf Kalla. Menurut Airlangga, Kalla juga telah mengiyakan untuk memimpin pemenangan Jokowi-Ma'ruf.

Tugas pertama JK, kata Airlangga, akan menyusun rencana besar proses pemenangan. "Tim direncanakan oleh Pak Jusuf Kalla," kata Airlangga yang juga menjabat Menteri Perindustrian ini.

Seluruh ketua parpol koalisi, kata Airlangga, juga akan masuk ke dalam tim pemenangan nasional. Namun, untuk detail posisi tim pemenangan, saat ini masih terus dimatangkan oleh Jokowi dan Ma'ruf Amin.

Sementara itu, penunjukkan Kalla ini, dilakukan sendiri oleh Jokowi ketika keduanya bertemu di kantor Wapres Jusuf Kalla pada Kamis 9 Agustus 2018, atau sesaat sebelum Jokowi memilih Ma'ruf Amin sebagai cawapres.

Terkait nama calon ketua tim pemenangan ini, koalisi partai pendukung Jokowi juga telah mengadakan beberapa kali pertemuan membahas formasi tim pemenangan dan bersepakat bahwa ketua tim akan ditunjuk langsung oleh Jokowi.

Tim Pemenangan akan berisi sembilan dewan pengarah yang merupakan gabungan dari sembilan ketua parpol pengusung. Selain itu, tim pemenangan akan dilengkapi dengan sepuluh direktorat, antara lain program, keuangan, penggalangan dan jaringan, hukum dan advokasi, informasi dan komunikasi. Kemudian, ada direktorat logistik dan APK, saksi pemilu, konten kampanye, penggalangan pemilih muda, dan relawan.

Selain itu, masing-masing parpol pendukung akan menyiapkan 25 juru bicara tim kampanye. (man)

Editor : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini