Jokowi Salat Istisqa, Riau Darurat Kabut Asap

17 Sep 2019 10:12 Nasional

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menyebabkan kabut asap tebal di Provinsi Riau dan berimbas ke sejumlah wilayah di sekitarnya.

Provinsi Riau dinyatakan siaga darurat asap. Melihat ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tengah kunjungan kerja di Provinsi Riau, melaksanakan salat Istisqa untuk meminta hujan di Riau hari ini, Selasa 17 September 2019.

Salat Istisqa yang digelar di Masjid Amrullah Kompleks Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin tersebut juga diikuti warga setempat.

Bertindak selaku imam adalah Dr. Khairunnas Jamal, M.Ag. Sementara bertindak sebagai khatib ialah Dr. H. M. Fakhri, M.A.

Dalam doanya selepas ceramah, khatib memimpin doa untuk memohon hujan agar kebakaran yang melanda lahan di Provinsi Riau dan wilayah lainnya lekas padam.

“Insyaallah hujan akan turun. Semoga dalam waktu yang singkat Allah turunkan hujan. Hujan yang menghilangkan kabut asap ini. Hujan yang mendatangkan rahmat,” ucap khatib.

Turut melaksanakan salat Istisqa tersebut di antaranya Menkopolhukam Wiranto, Menpupera Basuki Hadimuljono, Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian, Gubernur Riau Syamsuar, dan Kepala BNPB Doni Monardo.

Dilansir dari laman NU Online, Syekh Abdullah Bafadhal Al-Hadrami menyebutkan, salat Istisqa dilakukan dua rakaat, sama dengan dua rakaat salat Id. Namun tata cara salat keduanya agak berbeda sedikit dalam penempatan khutbah, pembacaan takbir dan arah kiblat pada khutbah kedua. Dan selebihnya secara umum caranya sama.

"Ushalli sunnatal istisqa’i rak‘ataini ma’muman lillahi ta‘ala," artinya, “Aku menyengaja salat sunah minta hujan dua rakaat sebagai makmum karena Allah SWT.”

Tata cara salat Istisqa:
1. Salat dua rakaat.
2. Rakaat pertama takbir tujuh kali sebelum membaca surat Al-Fatihah.
3. Rakaat kedua takbir lima kali sebelum membaca surat Al-Fatihah.
4. Khutbah dua atau sekali sebelum (atau setelah) salat. Khutbah setelah salat lebih utama.
5. Sebelum masuk khutbah pertama khatib membaca istighfar sembilan kali.
6. Sebelum masuk khutbah kedua khatib membaca istighfar tujuh kali.
7. Perbanyak doa dalam khutbah kedua.

Usai salat Istisqa, Jokowi dan rombongan akan meninjau dua lokasi kebakaran hutan dan lahan, yaitu di Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, dan Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar.

Ini merupakan tindak lanjut dari rapat terbatas yang digelar pada Senin malam kemarin.
Jajaran menteri Kabinet Kerja yang ikut dalam rapat tersebut antara lain Menkopolhukam Wiranto, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menkes Nila Moeloek, Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita, Menpupera Basuki Hadimuljono, Mendikbud Muhajir Effendy, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian.

Selain itu, hadir pula Gubernur Riau Syamsuar, Kepala BNPB Doni Monardo, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Kepala BRG Nazir Foead, Kepala BPPT Hammam Riza.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini