Jokowi Resmi Buka Rakornas BNPB di Surabaya

02 Feb 2019 14:29 Pemerintahan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se-Indonesia.

Pada pertemuan yang digelar di Jatim Expo Internasional, Surabaya, Sabtu 2 Januari 2019 ini, Jokowi mengingatkan kepada ribuan pejabat staf BNPB, akan pentingnya pola antisipasi bencana di daerah.

Namun, ada kejadian menarik di tengah sambutannya. Jokowi menyindir panggung acara pembukaan Rakornas yang, menurutnya mirip dengan panggung debat pemilihan presiden 2019 jilid pertama yang dilakukannya pertengahan Januari silam.

"Podiumnya unik. Bikin saya ingat waktu debat. Saya berada di tengah sendirian terus yang lain nonton di sekeliling," kata Jokowi, disambut tawa 4000an orang yang hadir.

Menurut Jokowi, panggung itu nampak seperti formasi melingkar. Sehingga, sebagian audience pertemuan berada di depannya, tempat ia berdiri.

Seremonial pembukaan lalu ditandai dengan dipukulnya kentongan oleh Presiden Jokowi dan Kepala BNPB Letjen Doni Monardo. Maka secara resmi Rakornas BNPM 2019 resmi dibuka dengan tema: ‎Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita.

Acara ini dihadiri oleh ribuan peserta dan tamu undangan mulai dari gubernur, bupati, wali kota, Bappeda, Ketua Komisi VIII DPR RI, Kepala BPBD se-Indonesia, hingga para Kapolda.

Doni Monardo mengatakan ‎BNPB memang setiap tahunnya rutin menggelar rakornas untuk sinkronisasi program, penyamaan persepsi dan gerak langkah penanganan bencana antara pusat dan daerah.

"Tujuan Rakornas ini untuk menyamakan visi, misi dan gerak langkah dalam menghadapi bencana. Melihat tren kejadian, frekuensi tren bencana cenderung meningkat. Dilihat dari jumlah korban jiwa meninggal, kejadian bencana tahun lalu menjadi momentum untuk penguatan penanggulangan bencana dan keterlibatan aktif dan masif dari semua pihak," ujar Doni dalam sambutannya. (frd)

Penulis : Farid Rahman
Editor : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini