Jokowi: Patung GWK Maha Karya Baru Bangsa Indonesia

22 Sep 2018 19:19 Gerak Wisata

Tepat pukul 19.30 WITA, Presiden Joko Widodo meresmikan patung Garuda Wisnu Kencana. Ia secara simbolik menekan tombol simbol peresmian dengan didampingi Presiden RI Kelima Megawati Soekarnoputri.

Patung yang pembangunannya baru selesai setelah 28 tahun ini merupakan patung tembaga terbesar di dunia. Juga pating tertinggi ketiga di dunia. "Karena itu, saya menyebutnya sebagai maha karya anak bangsa di era kekinian," katanya di GWK Cultural Park, Bali, Sabtu, 22 September 2018. 

Presiden mengaku senang bisa menyaksikan peresmian maha karya anak bangsa ini. Baginya, maha karya ini tidak hanya membanggakan bagi rakyat Bali, tapi juga rakyat Indonesia.

"Ini membuktikan bahwa bangsa Indonesia tidak hanya telah mampu membuat mahakarya sejarah bangsa seperti Borobudur, tapi di era kekinian juga bisa melahirkan maha karya baru yang diakui dan dikagumi bangsa," tambahnya.

Dia lantas mengajak ratusan tamu yang hadir dalam peresmian patung GWK ini untuk mengambil inspirasi dari karya ini. Bahwa karya besar dimulai dari gagasan besar, mimpi besar, dan lompatan besar. Tanpa itu, tidak akan lahir karya besar.

Patung Garuda Wisnu Kencana foto rifngopibarengid
Patung Garuda Wisnu Kencana. (foto: rif/ngopibareng.id)

"Maha karya Ini bisa terwujud setelah 28 tahun. Dan dengan menggabungkan antara karya seni dengan teknologi, patung ini akan bertahan sampai 100 tahun," kata Presiden sambil mengajak para seniman dan budayawan terus berkreasi.

Patung GWK ini kali pertama digagas Menteri Pariwisata Joop Ave dan seniman Bali Nyoman Suwarta 28 tahun lalu.

Baru setelah macet lama, sejak 2013 lalu pembangunannya diambil alih Alam Sutra Group, perusahaan properti berpusat di Jakarta. Selain patung, kawasan GWK dikembangkan menjadi landmark baru pariwisata Bali.

Dirut PT Garuda Adimarta Indonesia Haryanto Tirtohadiguno mengaku bergembira bisa menyelesaikan maha karya bangsa Indonesia ini. "Ini adalah simbol pentingnya kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia," tuturnya.

Dia juga berterimakasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyelesaian patung GWK ini. Ia tak lupa berterima kasih kepada presiden Jokowi.

Dalam peresmian Patung GWK ini, Jokowi didampingi sejumlah menteri Kabinet Kerja. Diantaranya Menko Maritim Luhut B Panjaitan, Menpar Arief Yahya, Menkeu Sri Mulyani, dan Menteri BPN Sofyan Jalil. (rif)

Reporter/Penulis : Farid Rahman
Editor : Azhari


Bagikan artikel ini