Presiden Joko Widodo (Jokowi) menaiki kapal pinisi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. (Foto: Agus Suparto/Presidential Palace)

Jokowi Naik Kapal dan Tinjau Infrastruktur di Labuhan Bajo

Nasional 20 January 2020 00:46 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT). Selain mencoba menaiki kapal pinisi, ayah tiga anak itu juga mengcek kelaikan kapal-kapal yang biasa digunakan oleh wisatawan.

"Presiden juga menilai kesiapan faktor keamanan dan keselamatan, seperti ketersediaan pelampung, radio komunikasi di kapal, dan peralatan lainnya," kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono dalam keterangan tertulis, Minggu 19 Januari 2020.

Jokowi telah mendengar bahwa wisata di Labuan Bajo tak hanya terkait dengan Taman Wisata Komodo. Jokowi, sebut dia, juga mengetahui Labuan Bajo juga terkenal dengan wisata baharinya.

Jokowi, sebut Heru. menaiki kapal pinisi dari dermaga hotel tempatnya menginap sekitar pukul 17.50 Wita, bertepatan dengan waktu matahari terbenam. Jokowi yang didampingi Staf Khusus Presiden, Adamas Belva Syah Devara berlayar kurang lebih selama 45 menit sebelum akhirnya kembali ke dermaga.

"Presiden tidak hanya ingin menaiki kapal saja, tapi juga ingin melihat langsung kesiapan kapal-kapal tersebut menyambut wisatawan," ucap Heru.

"Sekarang kan zamannya harus instragamable, jadi Presiden juga mencoba spot-spot itu," imbuhnya.

Agenda Presiden pada Senin, 20 Januari, dijadwalkan meninjau Puncak Waringin dan infrastruktur penunjang pariwisata di lokasi tersebut.

"Presiden akan meninjau proyek pembangunan terminal multipurpose Labuan Bajo dan meninjau kawasan Puncak Waringin. Selain itu, Presiden juga akan meresmikan sarana pendukung pariwisata, yaitu sebuah hotel milik BUMN," ungkap Heru.

Kunjungan kerja kali ini juga akan dimanfaatkan Jokowi untuk meninjau infrastruktur pendukung pariwisata di Labuan Bajo. Kawasan ini terkenal akan destinasi wisatanya.

Turut menyertai Jokowi dalam kunjungan ke Labuan Bajo antara lain Kasetpres Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Staf Khusus Presiden Adamas Belva Syah Devara.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Jul 2020 05:28 WIB

Patirtan Sumberbeji Jombang, Konon Berusia 900 Tahun

Feature

Pemandian Sumberbeji di Jombang.

03 Jul 2020 03:35 WIB

Buntut Pentas Rhoma Irama, Dinkes Bogor Lakukan Tracing

Nasional

Dinkes Bogor lacak peserta dangdut Rhoma Irama di acara khitan.

03 Jul 2020 02:39 WIB

Konflik dengan China, PM India Hapus Akunnya di Weibo

Aplikasi

PM Narendra Modi menghapus akunnya di Weibo

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...