Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto resmi menjabat Ketua Umum Partai Gerindra periode 2020-2025. (Foto: Dok. Gerindra)

Jokowi-Megawati Hadiri KLB Partai Gerindra

Nasional 08 August 2020 15:42 WIB

Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Gerindra disiarkan secara virtual di Hambalang, Jawa Barat, Sabtu 8 Agustus 2020. Presiden Joko Widodo hadir dan memberikan sambutan secara virtual. Dia menyinggung soal prediksi krisis pangan dunia di tengah pandemi virus corona (Covid-19) dari Food Agriculture Organization (FAO).

Untuk mengantisipasi ancaman krisis pangan itu, Jokowi meminta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memimpin pembangunan lumbung pangan nasional (food estate) di Kalimantan Tengah (Kalteng).

"Karena itu saya telah menugaskan Bapak Prabowo sebagai Menteri Pertahanan untuk memperjuangkan cadangan strategis pangan nasional yg segera akan kita bangun di Kalimantan Tengah," kata Jokowi yang disaksikan Ketua Umum (Ketum) DPP Gerindra Prabowo Subianto, di kediamannya bersama para kader partainya.

Menurut Jokowi, dengan lumbung pangan tersebut Indonesia bisa memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri.

"Sehingga kita mampu memproduksi sendiri apa yg menjadi kebutuhan pangan kita. Memperkuat ketahanan nasional kita khususnya di bidang pangan. Saya memiliki keyakinan bahwa kita memiliki modal dasar yang sangat kuat untuk berdikari, berdiri di atas kaki kita sendiri," kata Jokowi.

Melihat jumlah penduduk Indonesia yang besar, maka ia mengatakan pemerintah perlu meningkatkan produksi dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan pasar yang sangat besar.

"Jumlah penduduk kita 267 juta adalah kekuatan besar kita. Ini adalah pasar yang sangat besar bagi produk2 yg kita buat sendiri. Kita juga memiliki penduduk dengan usia produktif yang sangat besar, yang juga menjadi kekuatan produktif negara kita. Saatnya kita melihat apa saja yang menjadi kekuatan kita untuk melakukan lompatan-lompatan kemajuan itu," ujar Presiden.

Sementara itu, Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri juga turut hadir secara virtual. Dia juga menyampaikan sambutannya dalam KLB tersebut. Dia memberikan dorongan kepada Partai Gerindra agar terus eksis dan berjuang demi rakyat Indonesia.

“Semoga semakin menguatkan kepakan sayap garuda, ikut serta berjuang membawa kemajuan Indonesia Raya,” kata Mega. 

Dalam penilaian Megawati, Gerindra merupakan partai yang setia dengan nilai-nilai Pancasila. Selain itu, Gerindra dapat terus mengonsolidasikan ideologi, organisasi, serta kader untuk menjawab berbagai persoalan bangsa.

“Saya percaya sebagai partai yang mengedepankan semangat patriotisme dan berdiri kokoh di atas fundamen ideologi negara Pancasila, Partai Gerindra akan terus melakukan konsolidasi ideologi, organisasi, dan kader guna menjawab tantangan kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Megawati.

Putri Presiden RI pertama Soekarno ini yakin KLB Gerindra akan menghasilkan keputusan yang bermanfaat bagi perpolitikan nasional di masa mendatang. Terlebih, KLB dengan suara bulat telah memutuskan Prabowo Subianto menjadi Ketua Umum periode 2020-2025. Selain itu, KLB membahas Pilkada 2020.

“Saya meyakini kongres luar biasa ini akan berjalan dengan sukses, menghasilkan keputusan yang menguatkan seluruh konsolidasi politik nasional kebangsaan kita,” tutur Megawati.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan

Pilpres AS memasuki masa debat calon pilpres. Siapa yang menang?

01 Oct 2020 07:45 WIB

Lapierre Aircode DRS, Upgrade Sepeda Aero Jadi Nyaman dan Laju

Gowes Bareng

Lapierre tidak hanya membuat sepeda lebih aerodinamis, geometri frame juga membuat posisi cyclist jadi lebih aero.

01 Oct 2020 07:36 WIB

Mendadak, Nasrudin Hoja Tak Dikenal

Humor Sufi

Humor sufi mengasah kepekaan diri

Terbaru

Lihat semua
01 Oct 2020 08:14 WIB

Debat Kepribadian

Dahlan Iskan
Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...