Presiden Joko Widodo. (Foto: CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)

Jokowi Komentari Kemenangan di Kampung Deret Tanah Tinggi

Nasional 21 May 2019 13:44 WIB

Presiden Joko Widodo mengucapkan syukur dan berterima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah menggunakan hak pilihnya pada pemilu 17 April 2019 lalu dan memberi kepercayaan kepada dirinya dan Maruf Amin. Berdasarkan rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh suara terbanyak. 

Ucapan Jokowi ini disampaikan di Kampung Deret Tanah Tinggi Jakarta, Selasa 21 Mei 2019. Tanah Deret ini dibangun saat menjadi Jokowi menjadi Gubernur DKI.

Menurut Jokowi, hasil pemilu ini akan menjadi modal untuk melaksanakan program pembangunan ke depan yang telah disiapkan.

Jokowi didampingi calon wakil presiden Ma'ruf Amin, mengajak semua pihak menghomati hasil pemilu yang diumumkan KPU Selasa dinihari 21 Mei 2019.

"Pemilu 17 April 2019, merupakan wujud demokrasi yang konstitusional di mana rakyat telah menggunakan hak pilihnya," kata Presiden.

Dalam waktu yang hampir bersamaan tapi di tempat terpisah, pasangan calon presiden Prabowo-Sandi juga memberikan tanggapan atas hasil rapat pleno KPU itu. Mereka menyatakan menolak seluruh hasil Pilpres 2019. Penolakan ini akan dilakukan secara konstitusial dan beradab.

Prabowo berpesan kepada pendukung dan simpatisan, agar tidak melakukan aksi-aksi yang mengarah pada tindakan anarkis dan makar. "Perlawanan yang kami lakukan tetap pada koridor hukum," kata Prabowo. (asm)

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Jun 2019 06:02 WIB

Kementerian Keuangan Hapus Denda Keterlambatan Bayar Pajak

Nasional

Sanksi administrasi dihapus karena bareng dengan libur Idul Fitri

10 May 2019 09:43 WIB

Isu Resuffle Dari Istana Kian Kencang Menteri Dag Dig Dug

Nasional

Ada yang pasrah, ada yang anggap cuma warning

05 May 2019 22:52 WIB

Presiden Jokowi Laksanakan Salat Tarawih Pertama di Bogor

Nasional

Presiden Joko Widodo melaksanakan ibadah salat tarawih pertamanya di bulan Ramadan 1440 H, di Masjid Jenderal Besar Soedirman di komplek

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...