Ilustras (faisal: ngopibareng)
Ilustras (faisal: ngopibareng)

Joko Susilo Ingin Aremania Damai dengan Bonek

Ngopibareng.id Liga Indonesia 01 March 2018 10:13 WIB

Pelatih Arema FC, Joko Susilo mengharapkan dalam pertandingan melawan Persebaya di Piala Gubernur Kaltim, kedua suporter Aremania dan Bonek bisa akur. Hal ini dikatakan pria yang akrab disapa Gethuk untuk menjadi rujukan suporter terbaik di Indonesia.

Gethuk menjelaskan, kalau memang di Jawa hal itu tidak bisa dilakukan, kenapa di Kalimantan Bonek dan Aremania tidak akur saja. "Saya juga ingin agar suporter bisa menunjukkan ini suporter terbaik Persebaya. Inilah suporter terbaik Arema. Bisa tunjukkan di sini. Jika di Jawa tidak bisa, kenapa tidak di sini?" tutur Gethuk .

Dia mengaku, meski di Jawa, baik di Surabaya ataupun di Malang hal itu tak bisa dilakukan. Tapi dia tetap menginginkan saat semifinal nanti kedua suporter ini bisa akur, dan kedepannya juga akan seperti itu.

Karena menurut Gethuk, setiap pertandingan yang memepertemukan kedua tim ini, selalu melibatkan banyak elemen masyarakat untuk mengamankan kedua suporter.

"Di Jawa, baik di Malang, Surabaya atau di kota lain, sangat sulit mendapatkan suasana akur keduanya. Bahkan, aparat keamanan kerap harus bekerja ekstra jika dalam even sepak bola di Indonesia berpeluang mempertemukan Bonek dan Aremania," sambungnya.

Untuk itu, dia megatakan dalam pertandingan besok saatnya kedua suporter ini menunjukkan kualitasnya. Guna menuju suporter terbaik di Jawa Timur juga se Indonesia.

"Saatnya seluruh Indonesia tahu bahwa kita bisa berbuat untuk sepakbola Indonesia. Tidak hanya berantem. Kita harus tatap ke depan yang lebih baik," ucap Gethuk. 

Seperti diketahui, Persebaya akan menghadapi Arema FC di pertandingan semifinal PGK pada 2 Maret 2018. Bajol Ijo yang menjadi juara grup B, sudah dipastikan akan menghadapi Singo Edan sebagai runner up grup A. (hrs)

JOKO SUSILO INGIN AREMANIA - BONEK DAMAI 🤝🏻 ~ "Saya juga ingin agar suporter bisa menunjukkan ini suporter terbaik Persebaya. Inilah suporter terbaik Arema. Bisa tunjukkan di sini. Jika di Jawa tidak bisa, kenapa tidak di sini?" tutur Gethuk . Di Jawa, baik di #Malang, #Surabaya atau di kota lain, sangat sulit mendapatkan suasana akur keduanya. Bahkan, aparat keamanan kerap harus bekerja ekstra jika dalam even sepak bola di Indonesia berpeluang mempertemukan Bonek dan Aremania. "Saatnya seluruh Indonesia tahu bahwa kita bisa berbuat untuk sepakbola Indonesia. Tidak hanya berantem. Kita harus tatap ke depan yang lebih baik," sebutnya. Keinginan positif berupa perdamaian tersebut dilontarkan Gethuk demi perkembangan sepak bola tanah air. Dia berharap dua suporter bisa berdampingan di dalam satu stadion. "Kalau di Jawa sulit, harusnya di Kaltim ini bisa," tambah pelatih asal Cepu itu. lanjut Getuk. Dia memprediksi jika Aremania dan Bonekmania yang ada di Kaltim bisa memulai babak baru sehingga keduanya bisa menunjukkan kepada suporter yang ada di Jawa. "Sekarang bukan era seperti itu (perkelahian suporter) karena sepak bola adalah pemersatu. Perdamaian itu lebih indah. Lebih baik fokus untuk mendukung tim masing-masing dan menikmatinya," pungkas dia seperti dikutip dari Malangpost.. 👍🏻👏🏻 .. .. ⚽>>Semifinal Piala Gubernur Kaltim 2018<<⚽ #Persebaya 🐊 vs #AREMA FC 🦁 Jum'at 2 Maret 2018, Stadion Segiri Samarinda - Kick Off 19.30 WBA | Live MNC TV 📺 .. .. SALAM SATU JIWA #AremaFC #Aremania #Aremanita #PialaGubernurKaltim #PialaGubernurKaltim2018 #AwayDays #JadwalArema #AremaniaSamarinda #BigMatch #DerbyJatim #ElClasicoIndonesia #Bonek #JokoSusilo #Damai #Mbois #Respect #NewsArema - 📷 @Aremafcofficial

A post shared by NewsArema (@newsarema) on

Penulis : Haris Dwi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Oct 2020 20:05 WIB

Pandemi Covid-19, Arema FC Tak Ingin Tambah Pemain Asing

Liga Indonesia

Manager anggap dua pemain asing saja sudah cukup.

25 Oct 2020 19:20 WIB

Persebaya Libur Latihan, Aryn Pilih Main Golf dan Traveling

Liga Indonesia

Ia ingin tetap mengasah kemampuan otaknya dan refresh mood

24 Oct 2020 16:30 WIB

Gelaran Liga 1 Tak Jelas, Persebaya Tagih Komitmen PSSI

Liga Indonesia

Mereka sudah rugi besar di tengah tak jelasnya kompetisi

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...