JK Rowling saat berada di mimbar Robert F Kennedy Human Rights 2019. (Foto: Dok. Pribadi/JK Rowling)
JK Rowling saat berada di mimbar Robert F Kennedy Human Rights 2019. (Foto: Dok. Pribadi/JK Rowling)

JK Rowling Kembalikan Penghargaan HAM

Ngopibareng.id Internasional 30 August 2020 22:40 WIB

Penulis Harry Potter, JK Rowling mengembalikan hadiah dari Robert F Kennedy Human Rights, penghargaan Hak Asasi Manusia (HAM) yang pernah didapat pada 2019 dari keluarga Kennedy sebagai penyelenggara penghargaan.

Presiden organisasi Kennedy Award memberikan kritikan terhadap opini transgender yang dilontarkan JK Rowling. Putri almarhum senator Kennedy itu menerbitkan pernyataan yang merasa kecewa yang mendalam kepada komentar JK Rowling.

"Pernyataan itu tidak tepat yang mengatakan saya mengalami transfobik dan saya bertanggung jawab atas kerugian bagi orang-orang transgender," ucap JK Rowling mengomentari kritikan tersebut, seperti dilansir dari berbagai sumber, Minggu 30 Agustus 2020.

JK Rowling mengatakan sudah sejak lama ia menyumbangkan penghasilannya untuk masyarakat LGBT dan pendukung hak transgender untuk hidup bebas dari penganiyaan.

Ia membantah tuduhan kalau membenci kaum transgender.

"Saya tidak membenci mereka, atau ingin mereka sakit, atau membela hak-hak perempuan itu salah, diskriminatif, dan menghasut kerusakan pada komunitas transgender," lanjut JK Rowling.

Kerry Kennedy yang memberikan penghargaan pada JK Rowling itu bergabung dengan seleb Hollywood yang mengkritik opini soal antitransgender. Pernyataan yang dipublikasikan di situs RFK Human Rights menyebut JK Rowling sebagai penerima penghargaan Ripple of Hope untuk pendirian yayasan Lumos tidak sesuai dengan visi ayahnya.

"Saya telah bicara dengan JK Rowling dan mengungkapkan kekecewaan saya yang mendalam bahwa dia telah memilih menggunakan bakat yang luar biasa untuk menciptakan narasi yang menghilangkan identitas orang transgender dan nonbiner," tutur Kerry Kennedy.

Ia melanjutkan komunitas transgender merasa tersakiti dengan serangkaian cuitan yang dilontarkan JK Rowling dan terkesan transfobik.

Pernyataan kontroversial JK Rowling bermula dari opini di Twitter pada Juni lalu, saat ia mengatakan mendukung hak transgender tapi tidak percaya dengan penghapusan konsep seks biologis. JK Rowling menuturkan perempuan transgender tidak mengalami menstruasi seperti perempuan pada umumnya.

"Ketika Anda salah menggambarkan pandangan seorang perempuan transgender yang tidak merasakan apa pun selain rasa kagum dan solidaritas. Anda melanggar batas," kicau JK Rowling

Sepanjang hidupnya, JK Rowling mengaku telah merasakan dan menulis tentang berbagai masalah kesehatan mental. Misalnya, OCD, depresi, dan gangguan kecemasan yang berlebih.

Bahkan JK Rowling mengatakan risiko kesehatan jangka panjang dari hormon lintas-seks menjadi efek yang fatal. Risiko ini pula yang dinilai JK Rowling ditolak oleh para aktivis transgender.

Gara-gara masalah ini, penjualan buku-buku cetak novelis yang tinggal di Skotlandia itu mengalami penurunan tajam. Data dari NPD BookScan, penjualan buku cetak JK Rowling di AS drop. Hanya buku soal detektif Cormoran Strike saja yang naik sebanyak 10.9 persen di bulan Juni.

Judul buku berlisensi yang tidak ditulis JK Rowling juga mengalami penurunan mendadak bulan lalu. Angka penjualan yang disurvei oleh NPD BookScan tidak termasuk buku audio, e-Book, atau penjualan dari penerbit langsung.

Dua situs penggemar Harry Potter yakni Leaky Cauldron dan Mugglenet juga mengumumkan tidak lagi mendukung idolanya.

"Kami menemukan fakta JK Rowling menggunakan pengaruh dan hak istimewanya untuk menargetkan orang-orang yang terpinggirkan agar tidak tidak diterima," tulis dua komunitas tersebut.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Nov 2020 04:23 WIB

Terdapat Nilai-nilai Pancasila dalam Tradisi Tahlilan

Islam Sehari-hari

Penjelasan KH Marzuki Mustamar, Ketua PWNU Jawa Timur

01 Nov 2020 03:42 WIB

Musibah dan Sakit Ternyata Mengurangi Dosa Kita, Ini Haditsnya

Islam Sehari-hari

Pesan Nabi Muhammad Saw kepada umat Islam

31 Oct 2020 23:15 WIB

Tour de Borobudur Sukses di Tengah Pandemi

Nusantara

Beragam kegiatan olahraga tetap digelar di tengah pandemi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...