Video musik Via Vallen dan Dyrga Dadaly yang disebut jiplak video musik IU berjudul Above The Time. (Foto: YouTube)
Video musik Via Vallen dan Dyrga Dadaly yang disebut jiplak video musik IU berjudul Above The Time. (Foto: YouTube)

Jiplak Penyanyi Korea, Video Musik Via Vallen di YouTube Dihapus

Ngopibareng.id Musik 24 October 2020 17:49 WIB

Video musik terbaru milik Via Vallen berjudul Kasih Dengarkanlah Aku mendapat banyak kecaman dan komentar negatif dari netizen. Sebab, video musik itu serupa dengan video musik berjudul Above Time yang dirilis penyanyi Korea Selatan, IU pada 2019 lalu.

"Plagiat mv (music video) mbak IU ya," tulis salah satu akun di YouTube.

Bahkan ada yang menulis "TAKE DOWN" beberapa kali dan mengakhirinya dengan "This is plagiarism" dengan huruf kapital.

"Mengambil insipirasi dari karya artis lain boleh saja, tetapi menjiplaknya adalah tidak menghormati artis tersebut dan tim yang bersusah payah membuatnya," kata warganet lain dalam bahasa Inggris.

"Saya berharap orang yang bertanggung jawab (atas video musik itu) berbicara dan menjelaskan karena ini menyedihkan. Suara-suara yang merdu itu jadi terabaikan karena musik videonya benar-benar menjiplak Above The Time milik IU," lanjut warganet itu.

Kemarahan atas video musik Via Vallen juga meramaikan Twitter. Para penggemar IU, yang biasa disebut UAENA, geram dan meminta pertanggungjawaban Via Vallen dan manajemennya serta pihak yang terlibat pembuatan video tersebut. Mereka menyebut Via Vallen dan tim tidak menghargai sutradara video musik Above The Time.

Video musik Kasih Dengarkanlah Aku diunggah di kanal YouTube Ascada Musik, pada Jumat 23 Oktober 2020. Sedangkan video musik Above The Time milik IU dirilis pada 18 November 2019.

Menanggapi tudingan tersebut, Via Vallen pun mengakui video klipnya mirip dengan milik IU.

"Untuk IU, fans IU dan terutama vyanisty, juga pihak yang merasa dirugikan. Aku minta maaf soal MV terbaru aku yg ternyata memang muiripp bangett sama MVnya IU," tulis Via Vallen melalui sebuah unggahan di Instastory, Sabtu 24 Oktober 2020.

Via Vallen menyebut dirinya tak sengaja karena tidak pernah melihat video IU sebelumnya. Via Vallen juga mengaku malu dan menyesalkan video klip tersebut. Via Vallen mengatakan video klip tersebut akan diturunkan dari platform YouTube.

"Kalau dari awal aku tahu bahwa MV Kasih Dengarkanlah Aku ini plek ketiplek sama MV orang lain, sudah pasti 100 persen bakalan minta ganti konsep. Jujur aku malu banget pas tau," kata pelantun lagu Meraih Bintang ini.

Label musik Via Vallen mengatakan konsep video musik Via Vallen dan Dyrga Dadaly itu sepenuhnya hasil buah pemikiran sang sutradara, Chris Sinyal dan diproduksi serta diedarkan oleh label musik dan manajemen Via Vallen, Ascada Musik.

"Bahwa pihak management, menerima seluruh konsep/ide video klip yang ditawarkan oleh pihak sutradara. Adapun dari hasil akhir video klip tersebut ada kemiripan dengan video klip lain, kami pihak management sama sekali tidak mengetahuinya, dan pihak management sedang meminta klarifikasi dari pihak sutradara," klarifikasi Ascada Musik yang diunggah dalam kolom komentar video klip Kasih Dengarkanlah Aku di YouTube.

Ascada Musik juga menyatakan Via Vallen dan Dyrga Dadaly hanya menjalankan tugas sebagai pemeran video klip dan tidak ikut dalam pembuatan konsep video.

"Pihak artis dalam hal ini Via Vallen dan Dyrga Dadali sebagai pemeran utama dalam video klip tersebut, hanya menjalankan tugasnya sebagai talent yang seluruh aktivitasnya diarahkan oleh sutradara. Kedua artis tersebut tidak turut serta berperan dalam menentukan konsep video klip," terang Ascada Musik.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

05 Dec 2020 12:03 WIB

Beda dengan Indonesia, Warga Spanyol Enggan Divaksin Covid-19

Internasional

Mereka masih ingin melihat reaksi vaksin Covid-19 pada orang lain.

05 Dec 2020 11:37 WIB

KPK Periksa Sejumlah Pejabat Kemensos yang Terjaring OTT

Korupsi

Sejumlah pejabat Kemensos menjalani pemeriksaan terkait suap dana bansos.

05 Dec 2020 11:30 WIB

Pesan Reisa: Tidak Ngobrol Saat Makan dengan Teman Kantor

Nasional

Ingatkan kembali soal cluster perkantoran.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...