Jerinx SID Kena Batunya

14 Oct 2019 05:20 Hukum

I Gede Ari Astina atau lebih dikenal dengan Jerinx, personel band Superman is Dead (SID), harus berurusan dengan hukum. Ini akibat cuitannya soal kasus penusukan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto di Twitter.

"Kalau niatnya memang membunuh kenapa pisaunya kecil ya," begitu tulis Jerinx menanggapi peristiwa penusukan yang menjadi atensi masyarakat Indonesia itu.

Usai unggahan itu menuai kontroversi, Jerinx kembali membuat unggahan yang tak kalah memantik pro dan kontra.

Ia mengunggah fotonya saat duduk tak jauh dari Wiranto dan menuliskan keterangan, "Lekas sembuh bro. Doakan agar lekas sembuh supaya blio bisa mempertanggungjawabkan apapun dosa politiknya nanti," tulis Jerinx.

Akibat cuitannya, pihak Twitter sampai menangguhkan akun @JRX_SID. Di akun musisi itu tertulis "account suspended" atau akan ditangguhkan. Akun @JRX_SID ditangguhkan jika terbukti melanggar Peraturan Twitter.

Twitter juga menjelaskan bahwa akun dapat dibatasi kegiatannya atau dikunci jika terdeteksi ada perilaku yang tidak biasa.

Jerinx juga dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh seseorang bernama Jalaludin. Seorang masyarakat bernama Jalaluddin ini melaporkan lima akun yakni @hanumrais milik Hanum Rais yang merupakan putri dari politikus senior Amin Rais, kemudian akun @JRX_SID yang dimiliki musisi Jerinx, dan akun @fullmoonfolks.

Selain itu, Jalaluddin juga melaporkan dua akun Facebook bernama Jonru Ginting dan Gilang Kazuya Shimura. Laporan tersebut dilakukan ke Polda Metro Jaya pada Jumat 11 Oktober 2019.

Jerinx menanggapi kabar pelaporan dirinya lewat unggahan di akun Instagram pribadinya. Ia menulis tentang penjara dan kriminal.

Musisi asal Pulau Dewata kelahiran 10 Februari 1977 itu rupanya mengutip kata-kata mendiang Presiden ke-3 RI Baharuddin Jusuf (BJ) Habibie.

"Penjara itu hanya untuk kriminal, bukan untuk orang berpandangan lain," tulis Jerinx SID sebagai keterangan foto ilustrasi wajah BJ Habibie.

Jerinx SID sepertinya kena batunya saat menyentil terkait penusukan yang dialami Wiranto. Sebelumnya, penggebuk drum ini sudah berulang kali membuat kicauan di media sosial yang memantik kontroversi.

Sejumlah tokoh yang pernah menjadi sasaran kritikan Jerinx mulai dari Presiden Joko Widodo, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti hingga dua musisi kenamaan Via Valen dan Anang Hermansyah.

Anang Hermansyah, anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2014-2019 sempat ditantang Jerinx untuk debat soal Rancangan Undang-undang (RUU) Pemusikan melalui kanal Youtube JRX TV.

"Musisi palsu sok jadi politisi lama-lama ya pasti keluar sifat aslinya; menjijikkan. Selain Rhoma Irama siapa lagi yg setuju Nang @ananghijau? #RUUkampungan #AnangPayah," tulis Jerinx pada akun Twitter-nya, 1 Februari 2019.

Atas protes ini, istri Anang, Ahanty pun geram. Ibu dua anak ini mengunggah rasa tidak terimanya atas protes Jerinx itu melalui akun Instagram miliknya, @ashanty_ash.

Namun, unggahan kekecewaan itu justru ditanggapi dingin oleh Jerinx. Ashanty kembali angkat bicara. Menurut dia, membela suami adalah kewajibannya sebagai istri.

Bahkan, Ashanty sempat ingin melaporkan Jerinx ke pihak berwajib terkait protesnya kepada Anang Hermansyah.

Meski demikian, perseteruan antara Jerinx dan Anang Hermansyah ini berakhir setelah keduanya bertemu di Bali.

Jerinx yang mengaku sebagai salah satu aktivis penolak reklamasi Teluk Benoa Bali. Pada Desember tahun lalu, dia sempat mengunggah tangkapan layar ke akun Instagram pribadi.

Saat itu Jerinx menyatakan semua kampanye penyelamatan lingkungan di Teluk Benoa Bali hanya sekadar pemoles semata. Dia pun menautkan postingan itu dengan akun Instagram milik Susi, @susipudjiastuti115.

Jerinx pernah berseteru dengan pedangdut Via Vallen. Hal ini bermula ketika pada 9 November Jerinx melontarkan protesnya kepada pelantun lagu Sayang ini karena telah menyanyikan lagi Sunset di Tanah Anarki dengan aransemen dangdut koplo tanpa izin SID.

Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini