Pemain Jepang merayakan gol kedua ke gawang Kolombia. foto:fifa

Jepang Meledak, Hancurkan 10 Pemain Kolombia

19 Jun 2018 21:08

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Ledakan Jepang terjadi di Piala Dunia 2018. Secara mengejutkan, tim berjuluk Samurai Biru itu menekuk Kolombia 2-1 pada pertandingan Grup H di Saransk, Selasa 19 Juni 2018.

Kemenangan ini membuat Jepang mencatatkan sejarah menjadi tim Asia pertama yang mengalahkan tim Amerika Selatan pada putaran final Piala Dunia. Kehancuran Kolombia di tangan Jepang sudah dimulai di awal laga.

Petaka Kolombia datang di menit ke 6, setelah wasit menunjuk titik putih karena Carlos Sanchez dinilai melakukan handsball saat menghadang tendangan pemain Jepang ke gawang yang sudah melompong.

Tidak hanya memberikan hadiah penalti, Carlos Sanchez juga diganjar kartu merah. Sementara Shinji Kagawa yang menjadi algojo penalti menjalankan tugas dengan sempurna membuat Jepang unggul 1-0.

Kolombia sempat membuka asa pada menit ke-39,elalui tendangan bebas Juan Quintero. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usia.

Di babak kedua, Kolombia justru seperti takut kebobolan dan tidak terlalu menyerang. Akhirnya, Yuya Osako menjadi pahlawan Jepang setelah mencetak gol ke 73 melalui sundulan kepala memanfaatkan tendangan penjuru. Skor 2-1 untuk Jepang bertahan hingga usai pertandingan. (tom)

Sususan Pemain
Kolombia (4-2-3-1): David Ospina; Johan Mojica, Oscar Murillo, Davinson Sanchez, Santiago Arias; Jefferson Lerma, Carlos Sanchez; Jose Izquierdo (Carlos Bacca 70'), Quintero (James Rodriguez 59'), Juan Cuadrado (Wilmar Barrios 31'); Radamel Falcao
Pelatih: Jose Pekerman

Jepang (4-2-3-1): Eiji Kawashima; Yuto Nagatomo, Gen Shoji, Maya Yoshida, Hiroki Sakai; Gaku Shibasaki (Hotaru Yamaguchi 80'), Makoto Hasebe; Takashi Inui, Shinji Kagawa (Keisuke Honda 70'), Genki Haraguchi; Yuya Osako (Shinji Okazaki 85')
Pelatih: Akira Nishina