Ilustrasi

Jepang Keluarkan Status Waspada Untuk Topan Faxia

Internasional 08 September 2019 19:50 WIB

Jepang telah memberlakukan peringatan terjadinya Topan Faxai. Pemerintah Jepang mengingatkan agar sejumlah warganya waspada akan datangnya Topan Faxia yang menyerang bagian timur Jepang.

Badan Meteorologi Jepang seperti dikutip kantor berita NHK menyebut Topan Faxai mulai mendekati Tokyo sejak Minggu, 8 September 2019 malam hingga Senin 9 September 2019. Badai kemungkinan akan mempertahankan intensitasnya.

Hujan lebat dan angin kencang telah melanda Tokyo. Badan Meteorologi juga menyebut curah hujan Topan Faxai mencapai 300 milimeter hujan selama 24 jam ke depan akibatnya badai bisa terjadi di laut.

Ancaman terhadap daerah perkotaan termasuk banjir bandang dan sungai terjadi akibat hujan lebat. NHK melaporkan kemungkinan angin berkecepatan tinggi merusak kabel listrik dan rumah dan hujan lebat memicu banjir serta tanah longsor.

Kondisi cuaca ekstrem tersebut memaksa sejumlah perusahaan transportasi publik di Jepang membatalkan perjalanannya. Perusahaan kereta Jepang menangguhkan 50 pelayanan kereta antara Tokyo dan Osaka sejak pukul 09.00 GMT dan menunda sejumlah perjalanan sampai cuaca membaik.

Japan Airlines juga telah membatalkan sekitar 20 penerbangan ke dan dari dua bandara Tokyo pada hari Minggu (8/9). ANA Holdings turut membatalkan semua penerbangan pada hari Minggu ke Hachijojima, sebuah pulau kecil yang terletak sekitar 300 km di selatan Tokyo. (rts)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Jul 2020 13:30 WIB

Aturan Keamanan China Masuk Hong Kong, Australia Tunda Ekstradisi

Internasional

Undang-undang keamanan China diterapkan di Hong Kong.

08 Jul 2020 13:20 WIB

Vaksin Covid-19 Asal China Masuk Uji Coba Tahap Terakhir

Internasional

Vaksin covid-19 asal China masuk uji coba terakhir.

07 Jul 2020 13:10 WIB

Jepang Diterjang Banjir, 50 Orang Meninggal

Internasional

Jepang Dilterjan Banjir, 50 Orang Meninggal

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...