Jenazah George Bush Disemayamkan di Washington

04 Dec 2018 14:48 Internasional

Jasad presiden ke-41 Amerika Serikat (AS) George H.W. Bush disemayamkan di US Capitol untuk upacara penghormatan kenegaraan terakhir.

Bush, pilot tempur Perang Dunia II sekaligus mantan kepala CIA yang menjadi wakil presiden periode Ronald Reagan sebelum memenangkan kursi tertinggi Gedung Putih, meninggal dunia pada Jumat dalam usia 94 tahun, di rumahnya di Houston.

“Selama Perang Dingin dan kejatuhan Uni Soviet, dia menjaga kita tetap bertahan. Ketika aturan hukum perlu dibela di Teluk Persia, dia menjaga kita agar tetap bertahan,” kata pemimpin mayoritas Senat Mitch McConnell di dalam euloginya.

McConnell memuji Bush – yang memimpin Gedung Putih pada 1989 sampai 1993 – sebagai pahlawan yang mengendalikan negara itu sehebat dia mengendalikan pesawatnya.

“Dia menjaga kita tetap terbang tinggi dan menantang kita untuk terbang lebih tinggi. Dan dia melakukanya dengan kerendahan hati dan kebaikan yang dimiliki orang yang setangguh dan sepandai dia,” tambahnya.

Presiden kedua yang kariernya dilanjutkan oleh putranya di Oval Office, Bush akan mendapat upacara penghormatan selama empat hari dan penghargaan di Washington dan Texas, tempat dia akan dimakamkan pada Kamis.(mu/fr)

Reporter/Penulis : M. Anis


Bagikan artikel ini