Jenazah Ekonom Tony Prasetiantono Dimakamkan Besok di Sleman

17 Jan 2019 11:34 Tokoh

Jenazah ekonom yang juga staf pengajar di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada Tony Prasetiantono akan dimakamkan di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Jumat besok.

"Jenazah dimakamkan besok hari Jumat," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Universitas Gadjah Mada (UGM) Iva Ariani di Yogyakarta, Kamis.

Menurut Iva, sampai saat ini jenazah masih berada di Jakarta dan akan diberangkatkan ke Yogyakarta menuju rumah duka pada Kamis  siang pukul 14.00 WIB. Rumah duka berada di Kompleks Pesona Merapi Blok J78, Sleman.

"Untuk acara penghormatan terakhir di UGM tidak ada, langsung menuju rumah duka," kata Iva.

Iva mengatakan keluarga besar UGM berduka serta merasa kehilangan atas kepergian Tony sebagai salah satu dosen terbaik di kampus itu. "Keluarga besar Universitas Gadjah Mada sedang berduka karena kepergian salah satu dosen terbaik. Mohon doa dari teman-teman agar almarhum pak Toni diterima di sisi Tuhan dan keluarga yang ditinggal diberi kesabaran dan keikhlasan," kata Iva.

Tony Prasetiantono meninggal dunia pada Rabu malam pukul 23.30 WIB di Jakarta.

Selain sebagai ekonom, selama ini Tony dikenal sebagai penggagas sekaligus promotor Economic Jazz. Tony meraih gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada pada 1986, gelar Master of Science dari University of Pennsylvania, Philadelphia, Amerika Serikat pada tahun 1991 dan gelar PhD dari Australian National University, Canberra pada tahun 2005.

Di luar karier akademik, Tony juga tercatat menduduki komisaris di sejumlah perusahaan. Salah satunya adalah sebagai komisaris di Bank Mandiri (2003-2005). Setelahnya, dia menduduki posisi sebagai Kepala Ekonom BNI.

Dia juga pernah menjabat Komisaris Independen PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dari 2003 hingga 2005, dan dipercaya sebagai Kepala Ekonom Bank BNI. Tony juga pernah menjadi Komisaris Independen PT Bank Permata Tbk. (an/ar).

Penulis : M. Anis


Bagikan artikel ini