Suasana Mekkah menjelang ibadah Haji khusus di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. (Foto: Arabnews)

Jemaah Haji Gelombang Pertama Tiba di Jeddah

Internasional 25 July 2020 09:59 WIB

Gelombang pertama jemaah haji tahun ini tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, pada Jumat 24 Juli 2020. Jamaah tersebut datang dari Provinsi Qassim di Arab Saudi.

Sebagaimana dikutip dari Arabnews, Sabtu 25 Juli 2020, jemaah haji gelombang pertama tersebut adalah mereka yang terpilih untuk menunaikan haji 1441 hijriah/2020 masehi di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Prosesi ibadah haji tahun ini sendiri akan dimulai pada Selasa 28 Juli dan berlanjut hingga Minggu 2 Agustus. Sementara puncak ibadah haji pada Kamis 30 Juli.

Jumlah kuota jemaah haji tahun ini telah diturunkan secara drastis menjadi 10.000 orang. Warga dari 160 negara yang telah tinggal di Arab Saudi pun telah dipilih untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Kuota untuk warga negara asing (WNA) atau ekspatriat tersebut adalah 70 persen dari total 10 ribu jemaah haji. Sedangkan bagi jamaah haji lokal mendapat kuota 30 persen.

Sebelumnya, sebanyak 2,5 juta muslim dari seluruh negara, termasuk Indonesia, biasanya berpartisipasi dalam ibadah yang berpusat di Tanah Suci Makkah ini. Namun, kali ini sangat berbeda.

Pelaksanaan haji tahun ini akan diadakan di bawah protokol kesehatan yang sangat ketat. Kesehatan yang baik menjadi syarat utama seorang Muslim boleh menunaikan ibadah haji.

Guna memastikan kesehatan para jamaah, petugas memandunya ke jalur khusus di bandara. Mereka harus melalui prosedur protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang ditetapkan Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

Langkah-langkah ini sesuai rencana luar biasa untuk memastikan pelaksanaan ibadah haji 1441H berlangsung aman bagi semua jamaah.

Setelah menyelesaikan prosedur kesehatan, para langsung menuju tempat singgah di Tanah Suci Makkah. Mereka wajib memberikan informasi ke Kementerian Kesehatan Arab Saudi setiap hari melalui aplikasi sesuai protokol yang disetujui.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 05:25 WIB

LIPI Sebut Jawa Berpotensi Gempa dan Tsunami Raksasa

Warta Bumi

Lempeng 800 Km di selatan Jawa bergeser akan timbulkan gempa magnitudo 9.

26 Sep 2020 04:33 WIB

Pejabat Tinggi Tahta Suci Vatikan Mengaku Dipaksa Mundur

Internasional

Cardinal Giovanni Becciu mundur dari jabatannya.

26 Sep 2020 03:30 WIB

Magawa, Tikus Afrika yang Mengendus 67 Ranjau Darat

Internasional

Magawa mendapatkan penghargaan medali emas.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...