Ilustrasi warga Probolinggo yang batal umrah. (Foto: Ikhsan Mahmudi/Ngopibareng.id)

Jemaah Batal Umrah Disebut Tak Minta Refund

Jawa Timur 29 February 2020 04:08 WIB

Pemerintah Arab Saudi menutup akses umrah ke Tanah Suci, sejak Kamis 28 Februari 2020. Namun agen travel umrah di Surabaya mengaku belum ada jemaah yang meminta refund atas biaya umrah mereka.  

Hal itu disampaikan oleh CEO Shafira Tour and Travel, Andi Alamsyah. Sebanyak 19 jemaah yang gagal berangkat umrah pada Kamis, 27 Februari 202, bersedia melakukan reschedule atau penjadwalan ulang keberangkatan ke Tanah Suci.

Para jemaah, kata Andi, justru saling memberikan dukungan dan memahami kebijakan Pemerintah Arab Saudi, sebagai upaya mencegah penyebaran wabah virus corona.

“Respon jemaah itu sangat memahami kebijakan Pemerintah Arab Saudi. Kalau kecewa itu wajar, tapi yang mereka lihat adalah tanggung jawab kami,” kata Andi, Jumat 28 Februari 2020.

Sementara, Andi mengaku terus berkoordinasi dengan pihak penerbangan untuk me-reschedule jadwal pemberangkatan umrah. Pihaknya memastikan tidak ada penambahan biaya, karena pihak penerbangan membebaskan untuk reschedule tanpa biaya.

“Kami minta reschedule ke tanggal berikutnya. Tapi, mereka belum memberikan konfirmasi. Karena masih mengatur juga jadwalnya dan itu tak mudah,” kata dia.

Pihaknya berharap, jemaah tetap bersabar. Pihak Shafira Tour and Travel dalam hal ini akan tetap bertanggung jawab, untuk memberangkatkan jemaah ke Tanah Suci.

“Dengan catatan tergantung ketersediaan seat pesawat, terus kapan bisa dibuka. Kadang sudah dibuka, tapi approval nya lama. Jadi juga butuh effort,” katanya, dilansir dari Suarasurabaya.

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Mar 2020 14:20 WIB

Putus Mata Rantai Corona dengan Physical Distancing

Nasional

Masyarakat diimbau bantu cegah penularan corona dengan physical distancing.

30 Mar 2020 14:11 WIB

Harry Kane Mungkin akan Tinggalkan Tottenham Hotspur

Liga Inggris

Harry Kane akan tinggalkan Tottenham Hotspur kalau tetap tanpa trofi.

30 Mar 2020 14:10 WIB

Covid-19, Amerika Izinkan Penggunaan Obat Malaria untuk Darurat

Internasional

Amerika izinkan penggunaan hidroklorokuin dalam kondisi darurat.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.