Plt Kepala Dinkes Kota Malang, Sri Winarni saat ditemui di Block Office Kota Malang (Foto: Lalu Theo/ngopibareng.id)
Plt Kepala Dinkes Kota Malang, Sri Winarni saat ditemui di Block Office Kota Malang (Foto: Lalu Theo/ngopibareng.id)

Dinkes Malang Siapkan 3 Tempat Penyimpanan Vaksin Sinovac

Ngopibareng.id Jawa Timur 17 January 2021 14:55 WIB

Jelang vaksinasi tahap pertama di Kota Malang pada Februari 2021, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang sudah menyiapkan sebanyak tiga unit cold storage atau tempat penyimpanan vaksin Covid-19.

"Untuk cold storage khusus vaksin Covid-19 kami sediakan ada dua unit. Nanti akan ada tambahan satu unit lagi. Jadi totalnya tiga unit," ujar Plt Dinkes Kota Malang, Sri Winarni pada Minggu 17 Januari 2021.

Namun dari total tiga unit tersebut ujar Sri saat ini baru dua cold storage vaksin Covid-19 yang sudah ada di Dinkes Kota Malang. Sementara itu, satu unitnya nanti akan menyusul dalam waktu dekat. "Nanti semuanya (tiga unit cold storage) ditempatkan di Dinkes Kota Malang semua," katanya.

Sri melanjutkan, sebanyak tiga unit cold storage vaksin tersebut, nantinya bisa menampung kuota sebanyak 12 ribu lebih vaksin untuk tahap pertama pada Februari 2021, nanti.

"Kami (Kota Malang) sudah didata dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, terkait ketersediaan (cold storage). Kota Malang sudah didata dan sudah disampaikan ke provinsi bahwa ketersediaannya segitu," ujarnya.

Untuk jadwal kedatangan vaksin nanti, kata Sri, kemungkinan akan datang pada Februari 2021, nanti menyesuaikan dengan pelaksanaan vaksinasi tahap pertama di Kota Malang. "Kemungkinan datangnya vaksin pada Februari 2021. Untuk tanggal tepatnya kami belum tahu," katanya.

Sementara itu, terkait pengamanan kedatangan vaksin hingga penyimpanan di Dinkes Kota Malang, nanti, Sri mengatakan akan dikoordinasikan dengan institusi terkait. "Nanti akan kami sesuaikan. Selama ini akan diinstruksikan dan koordinasi sama pihak terkait," ujarnya.

Kota Malang sendiri akan melakukan vaksinasi tahap pertama pada Februari 2021, nanti, setelah Kota Surabaya, Gresik dan Sidoarjo yang terlebih dahulu melakukan vaksinasi pada 15 Januari 2021, lalu.

Untuk vaksinasi tahap pertama ini Pemerintah Kota (Pemkot) Malang sudah mendata sebanyak 12.897 tenaga medis untuk dilakukan vaksinasi. Vaksinasi Covid-19 tahap pertama tersebut akan dilakukan di 76 fasilitas layanan kesehatan yang sudah ditetapkan sebagai tempat vaksinasi.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Mar 2021 19:13 WIB

Ditinggal Tahlilan di Rumah Teman, Motor Raib Dicuri Maling

Kriminalitas

Kasus masih dalam penyelidikan kepolisian.

04 Mar 2021 19:00 WIB

Karyawan JungleLand Tagih Gaji Satu Tahun Belum Dibayar

Nasional

JungleLand tutup imbas corona, karyawan tuntut gaji setahun belum dibayar.

04 Mar 2021 18:42 WIB

Kasus Fetish Gilang, Unair: Tindakan Hukum Konsekuensinya Berat

Kriminalitas

Dekan FIB Unair memperingatkan mahasiswanya untuk tidak melawan hukum.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...