Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bertemu dengan sejumlah nakes sehari jelang pelaksanaan vaksinasi. (Foto: Istimewa)
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bertemu dengan sejumlah nakes sehari jelang pelaksanaan vaksinasi. (Foto: Istimewa)

Jelang Vaksinasi, Bupati Anas Beri Motivasi Nakes

Ngopibareng.id Jawa Timur 27 January 2021 20:36 WIB

Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Banyuwangi, Jawa Timur, akan digelar pada Kamis, 28 Januari 2021. Sesuai program pemerintah, sasaran pertama vaksinasi adalah tenaga kesehatan (nakes). Jelang pelaksanaan vaksinasi, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar bertemu dengan sejumlah nakes, Rabu, 27 Januari 2021.

Bupati memotivasi para nakes agar tetap bersemangat memberikan pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya, masa pandemi covid-19 membuat kerja nakes lebih berat dan sulit dibanding kondisi normal.

Untuk itu, Pemkab Banyuwangi berterima kasih atas kerja keras para dokter, perawat, dan semua petugas yang terlibat baik secara langsung ataupun tidak langsung dalam penanganan pandemi Covid-19 ini.

"Jasa yang Bapak-Ibu (nakes) berikan tersebut tidak hanya berarti bagi para pasien dan keluarga, tapi juga bernilai pahala yang besar di hadapan Allah SWT,” ujarnya.

Anas meminta seluruh tenaga kesehatan untuk terus bekerja dengan penuh semangat meski  angka kasus harian Covid-19 belum melandai. Dia mengajak semuanya berdoa pelaksanaan vaksinasi covid-19 berjalan lancar dan sukses.

"Pada saatnya nanti hingga setahun ke depan akan terbentuk herd immunity atau kekebalan komunal ketika 70-80 persen populasi sudah divaksin,” ujarnya.

Pada masa pandemi, lanjut Anas, rumah sakit (RS) daerah menghadapi tantangan yang cukup berat. Selain merawat pasien Covid-19 dengan semua koridor prosedurnya, RS juga harus melayani pasien umum dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Tentunya tenaga kesehatan memiliki risiko tinggi terhadap paparan virus. RS harus memastikan tenaga kesehatan yang terlibat mendapatkan perlindungan yang maksimal, baik secara fisik maupun asupan dari dalam tubuhnya,” katanya.

Anas juga meminta agar kapasitas leadership tenaga kesehatan tetap dipertahankan, bahkan ditingkatkan. Mulai pucuk pimpinan tertinggi, maupun semua pimpinan bidang dan yang berada di bawahnya. Agar di tengah situasi yang sulit, RS tetap bisa memberikan pelayanan yang maksimal bagi warga.

“Tentunya manajemen petugas mulai dari front office hingga back office tetap mampu memberikan pelayanan yang prima. Hospitality tetap dikedepankan agar setiap warga yang datang ke RS merasakan pelayanan yang ramah dan bersahabat,” ujarnya.

Penulis : Muh Hujaini

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Mar 2021 20:20 WIB

Sinopsis Automata: Kisah Para Robot Jadi Ancaman Manusia

Film

Film Automata akan tayang di Bioskop Trans TV.

04 Mar 2021 20:06 WIB

Perpanjang PPKM Mikro, Ganjar Minta Waspadai Mutasi Virus Corona

Nusantara

PPKM Mikro sudah dalam konteks kasus mutasi virus Covid di Brebes.

04 Mar 2021 19:52 WIB

Mutasi Virus Corona Masuk Indonesia, Satgas: Intensifkan Tracing

Nasional

Satgas Covid-19 akan intensifkan upaya antisipasi imported case.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...