Egy Maulana Vikri dan Kubo, keduanya  sama-sama dijuluki Lionel Messi Asia.
Egy Maulana Vikri dan Kubo, keduanya sama-sama dijuluki Lionel Messi Asia.

Jelang Timnas Indonesia vs Jepang: Duel Dua Messi Asia...!!

Ngopibareng.id Timnas 25 March 2018 00:11 WIB

Duel Timnas Indonesia U-19 melawan Jepang U-19 dipastikan bakal sengit. Bukan hanya menghadapi lawan berlevel tinggi, namun akan terjadi bentrok antara dua "Messi" di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu 25 Maret 2018, malam nanti.

Pelatih Timnas Jepang U-19, Masanaga Kageyama membawa sebanyak 32 pemain dalam laga ini. Termasuk nama Takefusa Kubo. Pemain ini disebut-sebut sebagai calon bintang masa depan milik Jepang.

Kubo pada bulan Januari lalu sudah lebih dulu mencicipi aroma Stadion Gelora Bung Karno, saat tampil bersama FC Tokyo melawan Bhayangkara FC dalam laga uji coba internasional. Dalam laga itu Kubo sukses mencetak dua gol dalam kemenangan 4-2 FC Tokyo atas Bhayangkara FC.

Kubo merupakan salah satu talenta berbakat yang dimiliki oleh Jepang. Bahkan, pernah menimba ilmu di akademi La Masia miliki Barcelona, klub Lionel Messi. Awalnya, Barcelona tak diperkenankan membawa bocah dari luar negeri di bawah umur 13 tahun untuk bergabung bersama mereka.

Tak kehabisan akal, Barcelona yang enggan kehilangan harta karun tersebut akhirnya membujuk sang Ibu untuk ikut ke Spanyol dan diberikan pekerjaan di kota Barcelona. Kubo tetap tinggal bersama sang ibu dan ia pun bisa beratih di salah satu akademi sepakbola terbaik dunia tersebut.

Hebatnya, Kubo tercatat sebagai pesepakbola Jepang pertama yang bermain untuk Barcelona. Namun kecurangan Barcelona tercium FIFA. Hukumannya Barcelona mendapati embargo transfer dari FIFA dan Kubo kembali ke Jepang bersama dengan FC Tokyo.

Debut Kubo di Liga Jepang, tercatat berusia usia 15 tahun 10 bulan dan 29 hari. Rekor pemain tengah ini hanya kalah dari mantan striker Catania, Takayuki Morimoto yang lebih muda sembilan hari ketika mencatatkan debut di kompetisi papan atas Jepang.

Saat ini Kubo terus dipantau secara khusus dan memiliki kesepakatan untuk kembali ke La Masia saat berumur 18 tahun nanti. Media menjulukinya Messi dari Jepang, namun julukan itu tak membuat Kubo mengelak serta menolak. “Aku tak suka dibandingkan dengan Messi, namun aku harap kedepannya bisa seperti Messi,” ujarnya dilansir dari ESPNFC.

 

Sementara dari kubu Indonesia,  Timnas U-19 juga hampir dipastikan akan menurunkan Egy Maulana Vikri. Bintang timnas Indonesia U-19 itu sukses mencuri perhatian internasional berkat aksinya di lapangan.

Tampil di Turnamen Toulon, Perancis, Egy berhasil membawa pulang gelar Jouer Revelation Trophee sebagai pemain paling berpengaruh dalam tim meski Indonesia tersingkir di babak penyisihan.

Pemain kelahiran, Sumatera Utara, 7 Juli 2000 ini juga menjadi pencetak gol terbanyak Piala AFF U-18 2017 dengan 8 gol. Sejak saat itu panggilan Egy Messi pun akrab melekat padanya. Maklum, cara mengocek dan membobol gawang lawan, kerap menirukan gaya Messi. 

Pemain jebolan Ragunan ini, esmi akan bergabung dengan klub Polandia, Lechia Gdansk pada bulan Juni mendatang. Siapa yang pantas bergelar Messi Asia, Kubo atau Egy. Kita lihat duel Indonesia vs Jepang, malam nanti. tom

Penulis : Rahmad Utomo

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

27 Nov 2020 00:26 WIB

Brylian Aldama Pamit akan Gabung Klub Kroasia

Timnas

Brylian Aldama akan gabung klub Kroasia, HNK Rijeka.

26 Nov 2020 15:51 WIB

Maradona Pemain Terhebat, Tapi Bukan Pribadi yang Sportif

Dunia

Peter Shilton tentang gol Tangan Tuhan Maradona di Piala Dunia 1986.

25 Nov 2020 13:30 WIB

Modric Ingin Bertahan dan Pensiun di Madrid

Liga Spanyol

Kontrak Modric akan berakhir pada musim panas 2021.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...