Jelang Ramadhan, Makam Sunan Ampel Penuh Peziarah

05 May 2019 12:55 Tradisi

Menjelang Ramadan, makam Sunan Ampel masih dipenuhi para peziarah yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. 

Dari pantauan, Minggu, 5 Mei 2019 siang para pengunjung berbondong-bondong datang ke makam yang berada di kawasan Jalan KH Mas Mansyur, Kelurahan Ampel, Semampir, Surabaya untuk melakukan ziarah. 

Pengunjung terus berdatangan dari berbagai daerah di Jawa Timur, bahkan juga ada yang berasal dari luar Jatim. Hingga siang ini terpantau padat. Ini sudah menjadi tradisi umat muslim jelang ramadan mengirim doa-doa kepada leluhurnya atau makam-makam sunan.

Menurut pengurus Masjid Agung Sunan Ampel Noor Hilmy, para peziarah yang datang makin bertambah hingga hari-hari terakhir sebelum memasuki bulan puasa.

"Grafiknya meningkat terus. Dalam tiga hari terakhir jumlah pengunjung sudah mencapai 30 ribu. Sekarang ini puncaknya, karena hari terakhir. Kan besok sudah puasa," ujarnya.

Kata Hilmy, ini tradisi turun temurun dari nenek moyang dan para ulama pendahulu untuk berziarah menjelang puasa ramadan.

"Sudah tradisi jelang ramadan selalu ramai para peziarah. Apalagi, kemarin Haul Sunan Ampel," katanya.

Hamdan (42), warga Ngawi, yang datang berziarah ke makam Sunan Ampel, mengatakan ini sudah rutin dilakukan di keluarganya. Bahkan sudah bertahun-tahun mereka berziarah ke makam sunan-sunan ketika menjelang puasa ramadan. 

"Saya rutin setiap tahun menjelang ramadan mas. Ini juga bersama keluarga. Rasanya kurang afdol kalau menjelang puasa belum berziarah ke makam sunan-sunan," katanya.

Setelah melakukan doa-doa di makam Sunan Ampel, para pengunjung terus minum air sumur yang terdapat 7 sumber mata air tanah. Konon, air di sumur itu diyakini memiliki khasiat yang sama dengan air zam-zam di mekah.

Air di sumur itu sangat jernih. Meski letaknya berdekatan dengan pantai tetapi air sumur tak berasa asin sama sekali. Sehingga, banyak pengunjung yang ramai-ramai ingin meminum air di sumur tua itu.

Bahkan, mereka juga ingin membawa pulang dengan menyimpan di botol minuman. Uston, salah satu pengunjung asal Pamekasan ini sengaja membawa botol minuman untuk diisi air dari sumur tersebut. 

"Airnya segar. Katanya juga bisa menyembuhkan penyakit. Ya saya bawa botol minuman untuk keluarga di rumah," katanya. (faq)

Penulis : Faiq Azmi
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini