Rapat Anggota Tahunan KONI Kota Malang di Hotel UB. (Foto: Theo/ngopibareng.id)

Jelang Porprov 2021, KONI Kota Malang Siapkan Rekrutmen Atlet

Atletik 15 January 2020 17:39 WIB

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Malang tengah melakukan persiapan jelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim pada 2021 tahun depan. Awal bulan ini, KONI Kota Malang sudah mulai melakukan proses rekrutmen atlet dari tiap cabang olahraga (cabor) yang kemudian akan dilakukan pemusatan latihan.

"Kami sudah meminta tiap cabor mulai Januari sampai Maret 2020 paling lambat untuk menyetorkan atlet yang diproyeksikan ikut pemusatan latihan untuk dibina ikut Porprov 2021," terang Ketua KONI Kota Malang, Edy Wahyono, pada Rabu 15 Januari 2020, di sela-sela acara rapat anggota tahunan KONI Kota Malang.

Edy sendiri mengatakan pihaknya akan membenahi performa para atlet di tiap cabor pasca target menempati posisi runner-up pada Porprov VI Jatim 2019, lalu tidak tercapai. Diketahui bahwa Kota Malang sendiri akhirnya finish di peringkat ke-4.

"Setelah rekrutmen atlet maka akan dilanjutkan mengikuti pemusatan pelatihan. Kemudian akan ada sports science bekerjasama dengan Universitas Negeri Malang untuk mengupdate program latihan dan terakhir monitoring di tiap cabor," jelasnya.

Sementara itu Wali Kota Malang, Sutiaji berharap bahwa prestasi olahraga di Kota Malang agar terus meningkat dan terus konsisten.

"Maka dari itu manajemen pembinaan atlet benar-benar diinventarisir. KONI bisa berkoordinasi dengan Dispora Kota Malang. Jadi atlet ini benar-benar dari hasil pembinaan. Saya tidak mau yang comotan," tuturnya.

Manajemen pembinaan tersebut kata Sutiaji, harus dilakukan oleh semua pemangku kepentingan yang terkait.

"Pembibitan itu dilakukan mulai saat mereka sekolah maka itu perlu koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Malang, terus dilakukan pendampingan sampai dengan dibutuhkan tenaganya di Porprov, Porda maupun PON," ujarnya.

Jika sudah melakukan manajemen pembinaan atlet sudah benar-benar dilakukan, Sutiaji berharap pada Porprov Jatim VII 2020 nanti, Kota Malang dapat menempati posisi runner-up.

Seperti diberitakan oleh ngopibareng.id sebelumnya, untuk berbenah diri, Sutiaji telah menginstruksikan Dinas Pemuda dan Olahraga untuk melakukan pembinaan dan pembibitan atlet sejak dini.

"Tadi sudah ditandatangani kerjasama dengan terkait pembinaan dan pembibitan dengan instansi terkait," jelasnya di sela-sela acara Peringatan Haornas ke-36, di Stadion Gajayana, Kota Malang, Senin 9 September, pukul 08.00 WIB.

Berdasarkan keterangan, Plt Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, ada empat instansi yang bekerjasama dengan Dispora untuk melakukan pembinaan dan pembibitan atlet sejak dini.

Keempat instansi tersebut yaitu, Dinas Pendidikan Kota Malang, Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Fakultas Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM).

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul

Editor : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

26 Sep 2020 19:04 WIB

Bapak Kerja Keras, Ibu Bercinta dengan Guru di Ruang Kelas

Jawa Timur

Ditinggal suami merantau, seorang perempuan di Tulungagung selingkuh.

26 Sep 2020 18:58 WIB

Kacamata John Lennon Dilelang

Ekonomi dan Bisnis

Sotheby's lelang memorabilia The Beatles termasuk kacamata John Lennon.

26 Sep 2020 18:42 WIB

Ganjar Setuju Proses Hukum Pesta Dangdut di Tegal

Nusantara

Proses hukum harus dilakukan agar kejadian serupa tidak terulang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...