Jelang Piala Dunia U-20 2021, Ada Kerja Bakti Rutin GBT

09 Nov 2019 03:50 Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar kerja bakti massal untuk membersihkan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Jumat 8 November 2019.

Kegiatan itu dimulai sejak pukul 06.00 WIB dengan mengajak ribuan orang yang terdiri dari jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, TNI, Polri, hingga Bonek Mania.

Bukan hanya Bonek, Manajemen Persebaya Surabaya juga hadir di Stadion Gelora Bung Tomo untuk ikut bersih-bersih. Hal itu terlihat dari hadirnya Presiden Persebaya Azrul Ananda dan sang istri.

Sayangnya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang berjanji akan hadir ke GBT malah sama sekali tidak terlihat batang hidungnya hingga kerja bakti tersebut selesai.

Menurut salah satu staf Humas Pemkot Surabaya yang hadir, Risma tidak jadi menghadiri kerja bakti massal tersebut karena ada undangan mendadak ke Jakarta.

"Iya Ibu tidak bisa hadir. Mendadak ke Jakarta," katanya.

Bonek dan TNI saat menanam pohon di taman pintu masuk utama Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya Foto AliefNgopibarengid
Bonek dan TNI saat menanam pohon di taman pintu masuk utama Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (Foto: Alief/Ngopibareng.id)

Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kota Surabaya, Kanti Budiarti mengatakan, kerja bakti massal ini sengaja diagendakan oleh Wali Kota Surabaya pada hari Jumat, 8 November 2019 karena bertepatan dengan agenda rutin pemkot setiap Jumat yang juga kerja bakti.

"Iya memang disesuaikan sekalian hari Jumat. Karena agenda rutin kita memang Jumat," kata Kanti, Jumat 8 November 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo.

Ia menjelaskan, kerja bakti di area Stadion GBT terbagi menjadi tiga titik zona. Kegiatannya yakni melakukan pengecatan trotoar, penyapuan jalan depan GBT, serta pemotongan rumput.

BPB Linmas dan Satpol PP Kota Surabaya saat melakukan kerja bakti di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya Foto AliefNgopibarengid
BPB Linmas dan Satpol PP Kota Surabaya saat melakukan kerja bakti di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. (Foto: Alief/Ngopibareng.id)

Para peserta terlihat membaur melakukan kerja bakti massal untuk mempercantik stadion yang terletak di wilayah Surabaya Barat itu.

"Ini ada disediakan cat juga. Kita bareng-bareng bersihkan GBT dan mengecat," katanya.

Kanti mengatakan, diajaknya Bonek dalam kerja bakti massal itu agar ada rasa memiliki terhadap GBT. Terlebih GBT akan menjadi venue Piala Dunia U-20 pada tahun 2021.

"Ini bonek karena ada komunikasi dari Bu Wali juga. Biar sama-sama ikut partisipasi menyambut Piala Dunia. Biar mereka merasa memiliki, dan menjaga nanti waktu hari acara," katanya.

Kanti mengatakan, di kemudian hari, Pemkot Surabaya akan menggelar lanjutan kerja bakti massal di Stadion Gelora Bung Tomo. Khususnya untuk bagian dalam GBT. Hal itu sebagai bentuk komitmen pemkot untuk melibatkan masyarakat.

"Kami ingin masyarakat juga bangga dengan GBT dong," pungkasnya.

Penulis : Alief Sambogo
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini