Jelang Pelantikan Presiden, Bupati Pasuruan Pimpin Gelar Pasukan

18 Oct 2019 21:23 Ngopibareng Pasuruan

Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Periode 2019-2024, TNI-POLRI dan Pemkab/Pemkot Pasuruan menggelar Apel Pasukan Kesiapan Pengamanan, di Alun-Alun Bangil, Jumat, 18 Oktober 2019.

Apel dipimpin Komandan Kodim (Dandim) 0819 Pasuruan, Letkol Arh Burhan Fadjari Arfian. Hadir Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf; Wakil Bupati, KH Abdul Mujib Imron; Kapolres Pasuruan, AKBP Rofiq Ripto Himawan; dan Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Agus Sudaryatno.

Sedangkan peserta apel gelar pasukan terdiri seluruh kesatuan TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Dinas Kesehatan.

Kegiatan Apel Pasukan untuk Kesiapan Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI diawali dengan membaca Asmaul Husna yang dilakukan oleh Polisi Wanita (Polwan) Polres Pasuruan.

Dalam amanat apel, Dandim Burhan membacakan sambutan Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan. Intinya, meskipun pelantikan dilangsungkan di Jakarta, namun peran serta TNI, Polri dan seluruh elemen masyarakat Jawa Timur tetap penting untuk melakukan pengamanan. Hal itu tentunya untuk memastikan pengamanan di wilayah masing-masing.

"Selain itu, dalam pengamanan nanti, juga akan melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat Jatim," katanya.

Kapolda Jawa Timur juga mengucapkan terimakasih kepada TNI/Polri dan seluruh elemen masyarakat, bahwa pelaksanaan pengamanan dari awal pesta demokrasi hingga hari ini untuk wilayah Jawa Timur sangat aman dan kondusif.

"Semoga soliditas TNI serta Polri tetap terjaga dan kita tunjukkan kepada segenap masyarakat Jawa Timur," katanya.

Selesai apel, Kapolres Pasuruan Kota, Dandim 0819 Pasuruan, dan Kapolres Pasuruan melaksanakan Show of Force Patroli di wilayah Hukum Polres Pasuruan maupun Polres Pasuruan Kota.

Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan mengatakan, upaya menciptakan rasa aman telah dilakukan.

"Dalam rangka Cipta Kondisi Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, Personil Polres Pasuruan sinergi bersama TNI Kabupaten Pasuruan setelah melaksanakan apel gelar pasukan kesiapan pengamanan pelantikan presiden dan wakil presiden 2019 di Alun-alun Bangil, kemuadian dilanjutkan dengan gelar patroli skala besar di Kabupaten Pasuruan," katanya.

Sementara itu, Bupati Irsyad Yusuf mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan agar tetap tenang selama pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. Serta ikut menjaga situasi dan kondisi di Kabupaten Pasuruan agar selalu damai.

"Kalau di setiap daerah aman, Insya Allah di Jakarta juga aman. Kita berdoa untuk keamanan negara kita. Karena kita adalah bagian dari bangsa yang besar ini. Kita jogo Pasuruan tercinta," katanya. (sumber: www.pasuruankab.go.id)

Penulis : Witanto


Bagikan artikel ini