Wisata Sumber Banteng konservasi mata air. (Foto: Fendhy Plesmana/Ngopibareng.id)
Wisata Sumber Banteng konservasi mata air. (Foto: Fendhy Plesmana/Ngopibareng.id)
Wisata sumber banteng

Wisata Sumber Banteng Siapkan Protokol Kesehatan

Ngopibareng.id Jawa Timur 12 July 2020 06:20 WIB

Sejumlah lokasi wisata alam di Kota Kediri, Jawa Timur, sudah mulai mempersiapkan teknis protokol kesehatan Covid-19. Salah satunya, wisata alam Sumber Banteng. Lokasi wisata mata air yang berada di lingkungan Wangkalan, Kelurahan Tempur Rejo, Kecamatan Pesantren, ini sudah mulai didatangi pengunjung meski baru sebatas simulasi.

Eko Lukmono selaku Camat Pesantren Kota Kediri mengklaim sudah mempersiapkan ketentuan protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh pengunjung, di antaranya diwajibkan memakai masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak.

"Kita mengakomodir apa yang di lingkungan kawasan wisata Sumber Banteng. Teman-teman komunitas mempersiapkan bagaimana, nanti kawasan wisata alam Kota Kediri bisa dibuka. Kan banyak pendatang," tuturnya.

Eko Lukmono juga telah mempersiapkan stok masker yang diproduksi UMKM di lingkungan sekitarnya. "Tujuanya seandainya ada pengunjung yang lupa tidak membawa masker dari pintu depan sudah kita siapkan. Mereka wajib pakai masker," ujarnya.

Wisata Sumber Banteng Konservasi Mata Air Foto Fendhy PlesmanaNgopibarengidWisata Sumber Banteng Konservasi Mata Air. (Foto: Fendhy Plesmana/Ngopibareng.id)

Kegiatan simulasi penerapan protokol kesehatan Covid-19 menyambut adaptasi kebiasaan baru untuk lokasi wisata, lanjut Eko Lukmono, merupakan inisasi dari komunitas serta warga sekitar yang berharap segara ada panduan resmi dari Dinas Pariwisata.

"Kami berharap segera ada regulasi bagaimana dinas teknis ini mempersiapkan pengunjung apabila berada di dalam kawasan wisata. Entah itu dikelolah oleh Dinas Pariwisata atau dikelolah masyarakat sendiri," tuturnya.

Selama pandemi Covid-19, wisata alam Sumber Banteng ditutup kurang lebih 3 bulan. Pihak pengelola terpaksa menolak pengunjung yang nekat datang. Sebab, Kediri termasuk dalam zona merah sebaran virus corona.

"Saat itu ada banyak pengunjung yang berasal dari Nganjuk datang kemari. Kita tegas menolaknya," kata Deny Yulianto sebagai Ketua karang Taruna Kelurahan Tempur Rejo.

Selama lokasi wisata Sumber Banteng ditutup, para pedagang yang biasa berjualan pun ikut terdampak. Mereka mengeluh kehilangan sumber pendapatan. Sebelum tempat wisata ditutup, para pedagang yang memiliki stand makanan dan suvenir biasa panen rezeki setiap akhir pekan atau musim liburan.

"Terutama hari Minggu Mas, pengunjungnya ramai bisa sampai ribuan orang. Mereka tidak hanya dari wilayah Kediri, tapi ada juga pengujung dari luar kota. Seperti Nganjuk dan daerah lain," terang Deny Yulianto.

Wisata konservasi mata air Sumber Banteng merupakan salah satu destinasi yang sudah ada sejak tiga tahun silam. Selain menawarkan konsep sumber mata air yang bersih, di sini juga terdapat wahana bermain seperti halnya flying fox, sewa perahu, sewa ban karet untuk berenang. Ada juga area selfi dengan panorama pohon tinggi menjulang yang rindang, diperkirakan berusia ratusan tahun.

Penulis : Fendhy Plesmana

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Feb 2021 23:10 WIB

Resmi, Australia Wajibkan Google dan Facebook Bayar ke Media

Aplikasi

Undang-undang ini menjadi yang pertama di dunia.

25 Feb 2021 22:45 WIB

China Kini Punya Empat Vaksin Covid-19

Internasional

China juga belum mengeluarkan izin untuk vaksin buatan Barat.

25 Feb 2021 22:23 WIB

Kepolisian Awali Vaksinasi Covid-19 Tahap II di Banyuwangi

Jawa Timur

Targetkan per hari bisa vaksin 100 orang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...